Honda

Raih Rekor MURI, 5 Ribu Peserta PEDA KTNA Makan Klanting

Raih Rekor MURI, 5 Ribu Peserta PEDA KTNA Makan Klanting

Raih rekor MURI makan klanting oleh Bupati OKU Timur dan 5.000 peserta PEDA KTNA-PALPRES.COM-

MARTAPURA, PALPRES.COM - Dalam rangka Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XV, Kabupaten OKU Timur memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). 

Jika kemarin pembuatan pupuk arang sekam dan asap cair menggunakan alat produksi terbanyak, maka pada acara PEDA KTNA memecahkan rekor sajian makan klanting terbanyak.

Pemecahan Rekor Muri ini disaksikan langsung oleh Bupati OKU Timur, Ir H Lanosin bersama Direktur ICSB Provinsi Sumatra Selatan, Hj Samantha Tivani HD BBus MIB di Lapangan KONI Kecamatan Belitang, Rabu 10 Mei 2023.

Turut hadir dalam kegiatan ini Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri, Sekretaris Daerah OKU Timur, Jumadi S.Sos, Ketua ICSB OKU Timur, Hj Meilinda SSos MM dan Kepala OPD di OKU Timur.

BACA JUGA:ASYIK! Bansos BPNT Tahap 3 2023 Sudah Cair, Ini Cara Cek dan Syarat Penerima

Dikomandoi oleh Hj Samantha, 5.000 bungkus klanting dikonsumsi secara serentak oleh peserta, Bupati kebanggaan masyarakat OKU Timur ini turut berbaur mengkonsumsi secara bersama dengan rakyatnya.

Dalam sambutan dan arahannya, Bupati Enos mengatakan, bahwa Pekan Daerah kali ini dirangkai dengan pemecahan 2 rekor Muri. 

"Jika kemarin kita telah memecahkan rekor pembuatan pupuk arang sekam dan asap cair menggunakan alat produksi terbanyak, kali ini kita bersama-sama memecahkan sajian hidangan klanting terbanyak," tutur Bupati.

Dilanjutkan Bupati, dengan adanya sajian hidangan klanting ini dan turut mengkonsumsinya secara bersamaan, maka secara tidak langsung telah membantu masyarakat OKU Timur dan memberikan semangat untuk pelaku UMKM yang ada di OKU Timur.

BACA JUGA:Kapolri Siap Amankan Kepulangan Kepala Negara dan Delegasi KTT ASEAN

Sementara itu, Direktur Operasional MURI, Yusuf Ngadri mengungkapkan, bahwa dalam rangka penyelenggaraan PEDA KTNA ke XV Provinsi Sumatra Selatan ini MURI akan mencatat 2 rekor.

"Pertama dan telah diverifikasi adalah pembuatan pupuk arang sekam tidak kurang dari 100 alat produksi dan telah diperagakan cara membuatnya. Sebentar lagi akan kita saksikan adalah suguhan cemilan klanting, yang akan dikonsumsi secara bersamaan sebagai bagian hasil produksi UMKM Kabupaten OKU Timur jumlahnya 5.000 bungkus dan sudah kami verifikasi," jelasnya.

Sementara dalam bimbingan dan arahannya, Gubernur Sumsel H Herman Deru dalam acara pembukaan PEDA KTNA ke XV mengatakan, dirinya bangga, begitu siapnya tuan rumah, ini menandakan komitmen masyarakat dan pemerintah OKU Timur memang luar biasa untuk pertanian. 

"Pada kesempatan ini, saya berpesan jangan sia-siakan waktu yang singkat ini, karena kita tidak hanya mengikuti pertemuan, namun juga memecahkan masalah pertanian, kita ketahui permasalahan pertanian di setiap kabupaten/kota pasti berbeda-beda," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: