Honda

Webinar Literasi Digital Bekali Pelajar SMPN 7 Prabumulih Sigap Hadapi Tantangan Hoaks dalam Dunia Pendidikan

Webinar Literasi Digital Bekali Pelajar SMPN 7 Prabumulih Sigap Hadapi Tantangan Hoaks dalam Dunia Pendidikan

Kemenkominfo RI berkolaborasi dengan SMP Negeri 7 Prabumulih, Kemenkominfo kembali melaksanakan webinar literasi digital Sektor Pendidikan.--kemenkominfo ri

PRABUMULIH, PALPRES.COM – Upaya Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI) menyebarkan “vitamin” cakap digital terus berlanjut. 

Kali ini berkolaborasi dengan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Prabumulih, Kemenkominfo kembali melaksanakan webinar literasi digital Sektor Pendidikan. 

Kali ini mengangkat tema “Tantangan Hoax dalam Dunia Pendidikan” rencananya bakal dilaksanakan pada Jumat (12/5) pukul 09.00-11.00 WIB, berlokasi di SMPN 7 Prabumulih, Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut Runner Literasi Digital Wilayah Sumsel Suryati Ali, kegiatan webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo di lingkungan pendidikan merupakan salah satu upaya dalam mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan menuju Indonesia #MakinCakapDigital. 

BACA JUGA:Literasi Digital di SMAN 4 Prabumulih Ajak Pelajar Lawan Hoaks di Media Sosial

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman, yaitu dengan menyuguhkan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital,” cetus Suryati.

Ia menambahkan, berdasar laporan We Are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022 mencapai 204,7 juta orang atau meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya, dan dimana 191,4 juta penggunanya menggunakan media sosial. 

Namun, penggunaan internet tersebut membawa berbagai risiko, karena itu peningkatan penggunaan teknologi internet perlu diimbangi dengan kemampuan literasi digital yang baik agar masyarakat dapat memanfaatkan teknologi digital dengan bijak dan tepat. 

Kemudian hasil survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo bersama Katadata Insight Center (KIC), didapatkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berada pada angka 3,54 poin dari skala 1-5. 

BACA JUGA:Webinar Literasi Digital Kemenkominfo Edukasi Menjadi Pengguna Medsos Bijak, Kreatif dan Inovatif

“Hasil ini menunjukkan bahwa tingkat literasi digital di Indonesia masih berada dalam kategori sedang,” cetus Suryati. 

Suryati kemudian mengutip pernyataan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kemenkominfo Semuel Abrijani Pangerapan yang menilai indeks literasi digital Indonesia belum mencapai kategori baik. 

“Angka ini perlu terus kita tingkatkan dan menjadi tugas kita bersama untuk membekali masyarakat kita dengan kemampuan literasi digital,” ucap Suryati menirukan pernyataan Semuel.

Pada webinar yang menyasar target segmen pelajar ini sambung Suryati, rencananya bakal diisi secara virtual oleh beberapa narasumber yang berkompeten dalam bidangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkominfo