Honda

Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT, Pemdes Lubuk Lungkang Lakukan Ini

Bersyukur Atas Nikmat Allah SWT, Pemdes Lubuk Lungkang Lakukan Ini

Sedekah Desa yang digelar Pemdes Lubuk Lungkang untuk bersyukur atas nikmat Allah SWT-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Menjunjung tinggi nilai-nilai budaya leluhur tentunya sangat membantu terhindari dari segala musibah dan diberikan rezeki bagi masyarakat desa, sehingga hasil pertanian dan perkebunan pun memproduksi panen yang berlimpah.

Untuk itulah, Pemerintah Desa (Pemdes) Lubuk Lungkang, Kecamatan Kikim Selatan, Kabupaten Lahat bersama-sama tokoh adat, melakukan sedekah desa dengan membacakan surat Yasin dan berdoa bersama.

"Benar, sedekah desa ini dilakukan setahun sekali, dan bertujuan agar warga maupun desa terhindar dari musibah, sekaligus dilimpahkan rezeki dari Allah SWT," sebut Kepala Desa (Kades) Lubuk Lungkang, Dina Juliyanti, Minggu 14 Mei 2023.

Kegiatan ini, sambung Dina Juliyanti, telah dilakukan secara turun temurun, yang secara kontiyu untuk membersihkan dusun, serta mendoakan bersama dengan penduduk desa.

BACA JUGA:Pemkab OKI 12 Kali Raih WTP, Ini Kata Kepala BPK Perwakilan Sumsel

"Alhamdulillah, semuanya berjalan dengan baik dan lancar, yang mana antusias warga pun tinggi sekali, sehingga apa yang kita pinta kepada Allah SWT agar diijabah," sebutnya.

Selain itu, masih kata dia, adat istiadat disini pun masih sangat kental sekali, apabila ada hal-hal negatif, maka tokoh adat serta sesepuh desa dan Pemerintah Desa (Pemdes) termasuk juga Badan Permusyawaratan Desa (BPD) langsung bergerak cepat.

"Agar peristiwa tersebut tidak menjadi sesuatu yang tabu, agar masyarakat hidup dengan nyaman, aman dan kondusif.

Hingga detik ini adat istiadat terus terpelihara dan dijaga dengan sangat baik sekali," ucap Dina Juliyanti.

BACA JUGA:ASYIK! Warga dengan 5 Ciri Ini Bisa Dapat BLT BPNT Sembako dan PKH Sampai Rp2.500.000

Dina Juliyanti berharap, kekompakan dan kebersamaan inilah menjadi bekal dan modal sebagai pegangan hidup, supaya tidak mengerjakan yang bertentangan dengan petuah desa.

"Pendek kata, sebelum bertindak dipikir dahulu, begitulah kira-kira agar lingkungan desa tetap terjaga dan bersih dari segala perkara apapun," tandasnya.

Senada, Tokoh Adat Desa Lubuk Lungkang, Taslim mengemukakan, di desanya memang nilai-nilai budaya dan norma terus dipegang teguh, dengan apa yang telah diajarkan pendahulu sehingga dewasa ini sedekah desa terus diselenggarakan.

"Kita laksanakan setahun sekali, kita berdoa kepada Allah SWT atas kesempatan dan keselamatan dari segala musibah, serta dilimpahkan rezeki," sebutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: