Honda

Agar Fit di Tanah Suci, Begini Persiapan CJH Pagaralam

Agar Fit di Tanah Suci, Begini Persiapan CJH Pagaralam

Calon Jamaah Haji Kota Pagaralam melakukan latihan fisik di Kantor Dinas Kesehatan-PALPRES.COM-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Untuk mendapatkan tubuh yang bugar serta agar senantiasa fit saat berada di tanah suci untuk melaksanakan ibdah haji, Calon Jamaah Haji (CJH) harus mempersiapkan jauh-jauh hari, dengan cara berlatih fisik dan juga berolahraga.

Kepala Dinkes Kota Pagaralam, Desi Elviani SE MM melalui Sekretaris Yodhi mengatakan, latihan fisik yang dilakukan, tentunya harus sesuai dengan porsi atau kondisi fisik masing-masing CJH.

Karena itu, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Pagaralam bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pagaralam menggelar latihan fisik kepada para CJH, berlangsung di halaman Kantor Dinkes Kota Pagaralam.

“Kami mengadakan kegiatan ini untuk mengetahui kebugaran tubuh CJH, apakah dalam kategori baik, cukup atau kurang.

BACA JUGA:Lokak Cuan! Begini Cara Pinjam Saldo DANA di Livin Mandiri Tanpa Jaminan, Langsung Cair Hingga Rp41 Juta

Selanjutnya, masing-masing CJH akan mendapatkan rekomendasi latihan fisik dari dokter, sehingga latihan fisik yang dilakukan sesuai dengan porsi atau kondisi fisik masing-masing CJH,” ujarnya, Minggu 14 Mei 2023.

Pada kegiatan ini, kata Yodhi, seluruh CJH mengikuti pengukuran kebugaran, diperiksa tekanan darah dan dilakukan screening kelayakan terlebih dahulu. 

“Ada 2 metode pengukuran kebugaran, yang digunakan yaitu metode Rockport (jalan atau lari sejauh 1,6 Km) atau metode jalan 6 menit,” paparnya.

Kemudian, sebut Yodhi, kedua metode tersebut direkomendasikan Kementerian Kesehatan RI, untuk diterapkan dalam pengukuran kebugaran CJH, karena bisa dilakukan dengan mudah dan aman.

BACA JUGA:JANGAN KETINGGALAN! Kolektor Ini Cari Uang Rp75.000 Baru, Segera SMS Kesini

“Kita berharap kegiatan ini dapat memicu CJH untuk melakukan latihan fisik yang baik, benar, terukur dan teratur, sehingga dapat meningkatkan kebugaran tubuh CJH,” harapnya.

Kepala Kankemenag Kota Pagaralam, H Santoso melalui Kasi Pelayanan Ibadah Haji dan Umroh, H Silahuddin menyebut, berdasarkan rekapitulasi data jamaah haji Pagaralam, untuk jamaah haji reguler yang telah lunas itu ada 89 orang, cadangan lunas 1 ada 11 orang dan tunda 1 orang, serta cadangan lunas 2 ada 13 orang dan tunda 5 orang. 

“Secara keseluruhan untuk CJH Kota Pagaralam ada 107 orang di tahun 2023,” tukasnya. 

Kota Pagaralam sendiri bakal memberangkatkan sebanyak 76 Calon Jama’ah Haji (CJH) 2023 ini, dimana hal yang menggembirakan sudah tidak ada lagi batasan usia atau tanpa batasan usia untuk keberangkatan kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: