Honda

Waspada! Ini Penyakit Yang Sering Menyerang Anak Saat Perubahan Cuaca Ekstrem

Waspada! Ini Penyakit Yang Sering Menyerang Anak Saat Perubahan Cuaca Ekstrem

Plt Kadinkes OKU Timur, M Yakub SKM--

MARTAPURA,PALPRES.COM- Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Timur M Yakub  SKM meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan serta antisipasi penyebaran penyakit saat perubahan cuaca ekstrem terjadi, pasalnya daerah Kabupaten OKU Timur sering diguyur hujan yang tiba-tiba cuaca panas, karena itu masyarakat harus mewaspadai potensi munculnya berbagai penyakit.

"Beberapa penyakit yang sering muncul saat musim saat hujan seperti  diare, disentri, cacingan, demam dan flu , malaria dan demam berdarah dengue (DBD),jadi warga harus benar benar jaga kesehatan terutama anak anak,"tegasnya. 

Dia menerangkan, salah satu cara yang dapat dilakukan masyarakat untuk mengantisipasi penyakit pancaroba itu, dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

"Diare, batuk dan pilek serta demam merupakan penyakit yang memiliki potensi paling tinggi, dan dapat dicegah oleh masyarakat dengan menerapkan pola hidup bersih yang dimulai dari lingkungan rumah masing-masing," katanya.

BACA JUGA:Terkait Hasil Survei KPK, Ini Tanggapan Sekda Empat Lawang

Untuk itu, warga harus secara rutin bersama-sama dapat melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, seperti parit atau selokan agar tidak terjadi genangan, karena genangan air dapat menjadi sarang nyamuk yang bisa saja membawa penyakit DBD.

Masyarakat lanjutnya harus rutin memantau dan memeriksa kondisi lingkungan sekitar rumahnya, seperti membuang genangan air di berbagai tempat, karena dapat menjadi sarang nyamuk yang berpotensi membawa penyakit DBD.

Dia menambahkan, saat musim hujan, dan tiba tiba panas pada umumnya suhu tubuh seseorang tidak stabil dan mudah menurun sehingga rentan terserang berbagai penyakit.

Apalagi, lanjut dia, saat ini kondisi cuaca sering berubah-ubah dari cuaca panas tiba-tiba hujan, maupun sebaliknya.

BACA JUGA:Warga Nusa Indah Masuk Bui Gegara 5 Dus Rokok, Simak Kronologisnya

Jadi warga selain menerapkan pola hidup bersih, juga harus menjaga pola hidup sehat,dengan memakan sayur dan buah, ditambah kegiatan olahraga pagi secara rutin, untuk mencegah penyebaran penyakit secara cepat terutama anak anak.

"Lebih baik melakukan pencegahan, kegiatan tersebut membuat daya imunitas dapat menangkal bibit penyakit yang menghampiri tubuh, apabila daya imunitas berkurang, penyakit tersebut akan mudah menyerang tubuh dan penyebarannya sangat cepat," pungkasnya. (Arm)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: