Honda

Ini 7 Desa Tematik di Kabupaten Musi Rawas, Desa Apa Saja Ya

Ini 7 Desa Tematik di Kabupaten Musi Rawas, Desa Apa Saja Ya

Salah satu program pelaksanaan desa tematik di Kabupaten Musi Rawas--

MUSI RAWAS, PALPRES.COM- Kepala Bidang Objek Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Musi Rawas, Widya Lismayanti mengungkapkan, pihaknya sudah menetapkan 7 desa sebagai Desa Wisata Tematik (Dewita).

 

Menurutnya, dari 186 desa yang ada di Kabupaten Musi Rawas, baru ada 17 desa yang berpotensi di kembangkan menjadi desa wisata tematik.

Namun dari 17 desa tersebut ada 7 desa yang sudah ditetapkan sebagai desa tematik diantaranya DEWITA Ngadirejo dengan Tema Desa Kampung jawa di Tanah Melayu, DEWITA Karang Panggung dengan Tema Desa Kopi Selangit, DEWITA Muara Beliti Baru dengan tema desa Sejarah Rumah Pangeran.

"Kemudian DEWITA Srimulyo dengan tema desa Desa Petualang, DEWITA Trikoyo dengan tema desa Kampung Sinau, DEWITA Trisakti dengan tema desa Kampung Ukir, DEWITA Sumber Asri dengan tema desa Sebiduk di Danau Moyan," ungkapnya.

BACA JUGA:Kolektor Ini Cari Koin Kelapa Sawit dan Uang Kapal Pinisi, Berani Bayar Harga ‘Wah’

Widya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan berupaya mempercepat program pemulihan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui program desa tematik.

Desa tematik merupakan program yang sudah ditetapkan Pemkab Musi Rawas sejak 2019 dalam upaya memfokuskan pengembangan ekonomi masyarakat desa dalam satu bidang tertentu.

"Misalnya di desa itu, potensi ekonomi dominan di bidang pariwisata, maka tema yang perlu dikembangkan adalah ekonomi pariwisata desa," katanya.

Kabupaten Musi Rawas sendiri sudah memiliki 17 desa saat ini dapat dikembangkan sebagai  desa tematik salah satunya Desa Ngadirejo, dengan tema Kampung Jawa di Tanah Melayu.

BACA JUGA:Auto Kaya Mendadak! Koin Ini Harganya Bikin Jantungan, Segera Jual ke Kolektor

"Karena asal muasal orang Jawa di Musi Rawas, sekitar tahun 1937 adanya di Desa Ngadirejo dan Di sana juga ada pohon beringin keraton," ujarnya.

Siap menjelaskan, program desa tematik itu sebagai salah satu upaya, agar dukungan program pada desa lebih fokus pada bidang tertentu, sehingga hasilnya akan lebih baik dan lebih maksimal.

"Selain itu Desa Tematik untuk bertujuan untuk masyarakat lebih mudah mengenalkan identitas desanya kepada masyarakat luar," pungkasnya. Lek

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: