Honda

Waspada Dampak El Nino, Bupati OKU Timur Punya Langkah Ini

Waspada Dampak El Nino, Bupati OKU Timur Punya Langkah Ini

Bupati OKU Timur saat mendengarkan arahan Mentan RI dalam rapat virtual membahas masalah kekeringan-PALPRES.COM-

MARTAPURA, PALPRES.COM - Bertempat di Ruang Aula Bina Praja I Setda OKU Timur, Bupati Enos didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perikanan Peternakan, Kepala Bappeda Litbang dan Staf Khusus mengikuti Video Conference (Vidcon) bersama Menteri Pertanian RI, Selasa 23 Mei 2023.

Vidcon tersebut diadakan dalam rangka Rapat Koordinasi (Rakor) Langkah Strategis Adaptasi dan Antisipasi Perubahan Iklim Ekstrim (Kekeringan) antara Menteri Pertanian RI bersama 9 Gubernur dan 20 Bupati/Walikota Andalan Sentra Pertanian.

Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Dr Ir Kasdi Subagyono MSc menjelaskan, bahwa vidcon tersebut membahas tentang bagaimana cara strategis beradaptasi dan mengantisipasi perubahan iklim ekstrim atau kekeringan (El Nino).

"Mengapa ada 9 Gubernur dan 20 Bupati yang mengikuti pertemuan virtual kali ini, karena 9 Gubernur dan 20 Bupati inilah yang menjadi sentra andalan di bidang pertanian.

BACA JUGA:Ketua DPRD OKU Timur Mundur dari Kepanitiaan Pilkades Serentak 2023, Ada Apa Ya?

Jika Gubernur dan Bupati ini aktif bergerak mengenergi pertanian di Indonesia, maka masalah bisa selesai di bidang pertanian," kata Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Mentan RI juga mengatakan, hari ini dunia tidak sedang baik-baik saja, kita tengah menghadapi perubahan cuaca ekstrim atau El Nino. 

Keadaan ini tidak hanya berpengaruh pada cuaca di Indonesia yang semakin panas, tentu juga sangat berpengaruh pada bidang pertanian dan ketahanan pangan.

"El Nino ini sangat berpengaruh pada krisis pangan yang bisa saja kita hadapi, namun karena itulah harus kita selesaikan permasalahan ini bersama-sama," katanya.

BACA JUGA:Pemilik BPJS KIS PBI dengan 8 Tipe NIK Cek Saldo, Bansos PKH Tahap 3 Bakal Cair Lagi!

Di akhir arahannya, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo mengamanatkan untuk memperkuat infrastruktur air, seperti embung, dam parit dan long storage ataupun irigasi-irigasi sebagai upaya mengantisipasi perubahan iklim ekstrim saat musim kemarau. 

Ia berujar dalam cuaca yang anomali saat ini, jangan sampai Indonesia mengalami kelangkaan pangan.

Kementerian Pertanian RI akan mengundang para Kepala Dinas Pertanian untuk bertemu dengan Dirjen-dirjen di Kementan RI untuk menyepakati masalah Konsepsi, Kelembagaan, Agenda aksi, Budget (pembiayaan) dan Off taker.

Sementara itu, usai mengikuti vidcon, Bupati OKU Timur, Ir H Lanosin mengatakan, menghadapi fenomena El Nino ini sama halnya dengan kita menghadapi bencana, bagaimana pra (sebelum) nya dan pasca (sesudah) nya harus dipikirkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: