Honda

Waspada! Titik Api Mulai Ditemukan di PALI

Waspada! Titik Api Mulai Ditemukan di PALI

Petugas menemukan titik api atau hotspot di PALI--

PALI, PALPRES.COM- Berdasarkan hasil pemantauan dari anggota Polsek Penukal Abab Polres PALI, ditemukan titik panas atau hotspot mulai ditemukan di Kabupaten penukal Abab Lematang Ilir (Ilir), dari pemeriksaan di satelit via aplikasi Brin Fire atau Lapan, titik api terpantau berada di wilayah Desa Betung Selatan berbatasan dengan Betung Induk, Kecamatan Abab.

"Titik api itu ditemukan Minggu (28/5/2023) sekitar pukul 11.30 WIB dengan luas lahan lebih kurang setengah hektar. Alhamdulillah api bisa dipadamkan," ucap Kapolsek Penukal Abab, Iptu Arzuan, Senin, 29 Mei 2023.

Dia menerangkan, api berasal dari tumpukan kayu lalu dibakar untuk membuka lahan baru, hingga kini pemilik Lahan belum diketahui karena tidak ada ditempat, sementara ini lahan terbakar sudah dipasangi garis polisi.

Terkait ditemukannya titik api diwilayah hukumnya, Kapolres PALI, AKBP Khairu Nasrudin langsung mewanti masyarakat agar tak membuka lahan dengan cara dibakar, lantaran jika kedapatan bisa diancam pidana.

BACA JUGA:Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 Lewat ATM Segera Cair, Cek Faktanya

Ia menghimbau kepada masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres PALI agar menyadari untuk tidak membuka lahan pertanian ataupun perkebunan dengan cara dibakar. 

"Karhutla ini sudah jadi atensi pimpinan, tiap hari patroli udara ditemukan titik-titik api diwilayah Kabupaten PALI. Jadi saya ingatkan dan menghimbau agar masyarakat sadar untuk tidak membakar hutan, perkebunan dan lahan," ucapnya.

Menurutnya, membuka lahan untuk pertanian ataupun perkebunan di Kabupaten PALI sangat diperbolehkan. Bamun hendaknya jangan menggunakan cara dibakar. 

"Akibatnya, tidak hanya mengancam kesehatan manusia, tapi mengganggu kelangsungan ekosistem," katanya.

BACA JUGA:KPU PALI Nyatakan ada Penyusutan 1.306 Pemilih, Ini Penyebabnya

Khairu menegaskan, perbuatan itu juga bisa menjerat para pelaku dengan hukum yang berlaku dan mengajak masyarakat menjaga kelestarian alam untuk anak cucu kita nantinya. (Joe)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: