Honda

ABK Kapal TB HSM 1 Berhasil Ditemukan Tim SAR Gabungan

ABK Kapal TB HSM 1 Berhasil Ditemukan Tim SAR Gabungan

Proses evakuasi jasad ABK Kapal TB HSM 1 oleh Tim SAR Gabungan-Basarnas-

OKI, PALPRES.COM - Muhammad Firdaus, 24 tahun, ABK Kapal TB. HSM 1 yang tenggelam di perairan Sungai Baung  Kel. Bukit Batu Kec. Air Sugihan Kab. OKI, Sumsel, akhirnya berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan.

Korban ditemukan meninggal dunua, Rabu 31 Mei 2023, sekitar pukul 09.20 WIB, sejauh 181 Meter dari lokasi kejadian awal. 

Diketahui, Muhammad Firdaus terjatuh dari Kapal TB. HSM 1 saat akan mengantarkan dokumen kayu ke kantor di perairan Sungai Baung.

“Alhamdulillah korban ketemu,” ujar Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palembang Hery Marantika S.H, M.Si, Rabu 31 Mei 2023.

BACA JUGA:ABK TB HSM 1 Tenggelam, Basarnas Sumsel Kerahkan Tim Rescue dan KM SAR Setyaki 202

Menurut Hery, korban ditemukan dalam pencarian hari kedua oleh Tim SAR Gabungan.

“Pencarian hari kedua dilakukan seluruh potensi SAR yang ada di lokasi, fokus penyisiran permukaan Sungai Baung dengan menggunakan RIB 01 KPP Palembang serta perahu warga,” ungkap Hery.

Oleh Tim SAR Gabungan terdiri dari Basarnas, TNI/Polri, BPBD OKI, serta masyarakat sekitar, jasad korban dievakuasi dan diserahkan kepada keluarga korban untuk proses pemakaman.

Diakhiri keterangan Hery mengimbau kepada untuk membiasakan hidup yang selalu mengutamakan keselamatan, baik secara perorangan maupun secara bersama-sama.

BACA JUGA:Ditabrak Truk Obat Nyamuk, Truk Sawit ‘Nyungsep’

Diberitakan sebelumnya, saat sedang menggandeng kapal TK SOL 2310 bermuatan kayu akasia, Muhammad Firdaus, 24 tahun, terpeleset dari kapalnya TB. HSM 1 dan tenggelam di perairan Sungai Baung Kel. Bukit Batu Kec. Air Sugihan Kab. OKI, Sumsel, Selasa, 30 Mei 2023, sekitar pukul 09.00 WIB.

Peristiwa itu dilaporkan ke Basarnas Sumsel via Com Centre, sekitar pukul 16.00 WIB, oleh Syahbandar Sungai Lumpur, Hasanuddin.

Dalam laporan tersebut, Syahbandar Sungai Lumpur, Hasanuddin menjelaskan bahwa kapal korban TB.HSM 1 yang menggandeng TK.SOL 2310, membawa kayu Akasia dari SHP Sembilang menuju Jeti Kuning Sungai Baung OKI.

Saat itu, korban yang merupakan Masinis 2, hendak mengantarkan dokumen kayu ke kantor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: basarnas