Honda

RESMI! Bansos PKH Mulai Cair Minggu Pertama Juni Via Pos dan ATM

RESMI! Bansos PKH Mulai Cair Minggu Pertama Juni Via Pos dan ATM

Ilustrasi-Dok Palpres-palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM – Meskipun pada tahun 2023 ini, Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menerapkan mekanisme penyaluran berbeda terhadap penyaluran bantuan sosial (bansos) PKH, akan tetapi hal tersebut tidak begitu berdampak terhadap kelancaran pencairan bansos regular yang ada.

Penyaluran bansos PKH (Program Keluarga Harapan) yang pada awal tahun mengalami keterlambatan, dikarenakan adanya pemutakhiran data secara besar-besaran yang dilakukan Kemensos RI dan Pemda yang ada diseluruh tanah air, tidak terlalu membawa dampak yang begitu serius. 

Sebagai bantuan sosial  bersyarat PKH telah berkiprah lebih kurang 16 tahun lamanya, PKH telah mampu membuktikan diri sebagai program nasional yang mampu mengurangi angka kemiskinan di Indonesia. 

PKH tidak hanya menyasar keluarga berusia produktif, tapi juga masyarakat miskin, dan juga rentan. 

BACA JUGA:JUAL SEKARANG! Kolektor Ini Berani Beli Mahal Uang Kunomu, Hubungi Ke Sini

Penerima bantuan yang juga disebut KPM (Keluarga Penerima Manfaat) akan menerima bantuan yang besarannya tidak sama (beragam), sesuai dengan komponen yang dimilik oleh pengurus PKH dalam satu KK, dan memiliki ikatan darah kandung dari ibu, ke anak.

Bukan hanya diberikan stimulus dalam bentuk bantuan, KPM juga diwajibkan mengikuti kegiatan pemberdayaan yang sering disebut P2K2 (Pertemuan Peningkatan Kapasitas Keluarga) yang diadakan setiap bulan. 

Dengan modul pendidikan anak, modul perlindungan anak, modul ekonomi, modul kesejahteraan sosial (lansia, dan disabilitas), modul gizi, serta modul tambahan stunting. 

Kegiatan pemberdayaan ini akan dilakukan oleh Pendamping Sosial PKH yang telah tersertifikasi secara nasional, secara rutin, serta berkala. 

BACA JUGA:Uang Koin Kunomu Dibeli Mahal oleh Kolektor Ini, Gak Percaya? Buktikan Saja!

Dengan proses yang seru, serta mengasyikan. 

KPM bisa mendapatkan ilmu tersebut, serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Sehingga, pada akhirnya nanti secara sadar mengundurkan diri sebagai penerima bantuan. 

Dinformasikan, bahwa bansos PKH akan disalurkan mulai minggu ini dengan melalui kantor pos dan juga ATM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: