Honda

KEREN, Berbagai Makanan Olahan dari Kopi, Ini Penampakannya

KEREN, Berbagai Makanan Olahan dari Kopi, Ini Penampakannya

Ketua TP PKK Kecamatan Kikim Selatan, Indawati Hermansyah berada di stan dengan berbagai makanan berbahan baku dari kopi-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Kopi biasanya diseduh dan dinikmati bersama gorengan, ataupun makanan ringan lainnya, nah pada Festival Kopi kali ini, tepatnya di Kecamatan Kikim Selatan dibuat berbagai olahan makanan.

"Alhamdulillah, olahan makanan ini berasal dari Desa Lubuk Lungkang, seperti puding kopi, kuping gajah, tusuk gigi dan roti yang kesemuanya berbahan baku kopi," sebut Camat Kikim Selatan, Hermansyah HB SE didampingi Ketua TP PKK Kecamatan, Indawati, Rabu 7 Juni 2023.

Hermansyah HB menerangkan, biji kopi yang menjadi bahan baku ini, merupakan pilihan yang dipetik jenis merah, sehingga menambah cipta rasa mengugah lidah.

"Hanya saja, serbuk kopi asli ini sebagai bahan baku, memang ada takarannya sehingga pas dilidah dan tidak pahit ketika dikonsumsi," ungkapnya.

BACA JUGA:Ratusan Pejabat Fungsional Tertentu Diambil Sumpah, Ini Pesan Bupati Lahat

Senada, Kepala Desa (Kades) Lubuk Lungkang, Dina Juliyanti menerangkan, pihaknya memang melakukan inovasi, kreasi dengan bermain dari serbuk kopi, yang ditambah dengan makanan.

"Dan hasilnya begitu mengairahkan sekali, sehingga tidak sekedar diminum semata, melainkan dibuat terobosan baru sehingga dapat menarik minat," ulasnya.

Dirinya berharap olahan makanan ini murni dari tangan ibu-ibu desa, yang begitu antusias dalam berkreasi, walaupun jenisnya umum tapi dengan berbahan dari kopi ini semakin menambah wawasan.

"Dengan begitu, siapa tahu kedepannya dapat mendulang cuan yang cukup, membantu masyarakat dan ibu-ibu dari segi pendapatan keluarga, dan terus kembangkan penampilan terbaik," tutup Dina Juliyanti.

BACA JUGA:BERKAH LAGI! Warga dengan 5 Tipe Ini Bakal Dapat BLT Dana Desa Rp3.600.000 Cair Juni

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Lahat, Vivi Anggraini SSTP Msi mengemukakan, festival kopi ini diikuti 18 kecamatan, 19 desa yang mana, mereka menampilkan berbagai jenis makanan berbahan dasar serbuk kopi.

"Melalui festival kopi inilah, merupakan wadah untuk memperkenalkan produk yang dihasilkan dalam bentuk promosi, bekerjasama dengan Dinas Perkebunan atau TPH," sebutnya.

Dirinya menuturkan, sehingga dapat meningkatkan mutu dan kualitas yang dihasilkan, sehingga dikenal dikancah nasional maupun internasional.

"Agar kopi asl Kabupaten Lahat semakin terkenal dan mempopulerkannya, jenis kopi Robusta, Arabika dan Liberika," pungkas Vivi Anggraini. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: