Honda

Rasanya Sangat Gurih dan Manis, Yuk Intip Kopi asal Lubuk Mabar

Rasanya Sangat Gurih dan Manis, Yuk Intip Kopi asal Lubuk Mabar

Camat Pseksu, Ega Warti SP MM didampingi Kades Lubuk Mabar, Yeni Fitriana (Tengah) berada di stan dengan kopi khas daerah-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Kabupaten Lahat terkenal dengan kopi jenis Robusta, Arabika dan Liberika.

Nah, untuk di Desa Lubuk Mabar, Kecamatan Penjalang Suku Empayang Kikim Saling Ulu (Pseksu), terkenal dengan kopi yang dipetik merah serta diolah secara sederhana.

"Tidak lain, supaya cipta rasa tidak hilang begitu saja, yang mana kopi disini diminum tanpa gula, sebab rasanya sudah terasa manis ketika diseduh," sebut Kepala Desa (Kades) Lubuk Mabar, Yeni Fitriana, Rabu 7 Juni 2023.

Yeni mengemukakan, untuk pengolahan kopinya sendiri dibuat dalam bentuk serbuk dan utuh, kemudian dikemas sedemikian rupa agar terlihat menarik dan unik.

BACA JUGA:KEREN, Berbagai Makanan Olahan dari Kopi, Ini Penampakannya

"Pengolahannya sendiri tradisional yang terus terpelihara dari dulu, kini dimasukkan ke dalam kemasan yang menarik serta enak," bebernya.

Senada, Camat Pseksu, Ega Warti SP MM menuturkan, pada festival kopi kali ini, pihaknya membawa dari Desa Lubuk Mabar, Tanjung Agung yang kesemuanya merupakan hasil dari program UP2K.

"Saat ini kopi-kopi tersebut telah banyak dimasukkan didalam kemasan, dan untuk pemasarannya sendiri baik di dalam desa maupun luar," terangnya.

Terpisah, Tohirin salah satu pengunjung Festival Kopi mengemukakan, dirinya sangat menyukai kopi, dengan adanya kegiatan ini sangat membantu perihal mempromosikan kopi yang ada di Kabupaten Lahat ini.

BACA JUGA:Bansos PKH Tahap 3 Segera Cair! Cuma modal NIK dan KK, Berikut Cara Dapatnya

"Sehingga membuat masyarakat mengenal lebih jauh, jenis dan rasa dari kopi, terutama sekali bagi pencinta minuman ini," pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: