Honda

Desa Burai Tak Masuk Lomba Anugerah Pesona Desa Wisata Tingkat Provinsi Sumsel, Kenapa Ya?

Desa Burai Tak Masuk Lomba Anugerah Pesona Desa Wisata Tingkat Provinsi Sumsel, Kenapa Ya?

Kawasan wisata Desa Burai, peraih penghargaan juara 2 kategori Ekowisata Terpopuler, di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020.-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM - Desa Wisata Burai atau dikenal Desa Warna-warni, tidak masuk Lomba Anugerah Pesona Desa Wisata Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2023. 

Padahal desa ini sudah cukup terkenal secara nasional dengan keindahan alamnya.

Bahkan sudah pernah meraih penghargaan juara 2 kategori Ekowisata Terpopuler, di ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020.

Adapun yang mewakili Kabupaten Ogan Ilir pada ajang Anugerah Pesona Desa Wisata Tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2023 ada 4 desa.

BACA JUGA:Juni Bahagia Buat Emak-emak! Ada 4 BLT Cair Mulai dari Rp200.000

Desa Meranjat I Kecamatan Indralaya Selatan, Desa Betung I Kecamatan Lubuk Keliat, Desa Talang Aur Kecamatan Indralaya, dan Desa Tanjung Pinang II Kecamatan Tanjung Batu.

"Dari hasil seleksi yang kami lakukan memang ada empat desa yang layak untuk mengikuti lomba Anugerah Pesona Desa Wisata tingkat Provinisi Sumsel, yakni Desa Betung I, Desa Talang Aur, Desa Tanjung Pinang II dan Desa Meranjat I," jelas Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Ogan Ilir H Amirudin SSos Msi, didampingi Kabid Pariwisata Hendra Wijaya SE dan Kasi Pengembangan Kepariwisataan Ahadam Fachrullah SSos, Minggu 11 Juni 2023.

Dikatakannya, awalnya ada tujuh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) merupakan kelompok swadaya masyarakat yang memiliki kepengurusan.

Namun, dari hasilnya ada empat desa yang dinilai bisa mengikuti lomba Pesona Anugerah, karena kesiapan dari Pokdarwis. 

BACA JUGA:BERKAH LAGI! Ada BLT UMKM Rp6.000.000 Cair kepada Penerima Bansos PKH dan BPNT

"Memang ada satu desa lagi yakni Desa Burai.

Hanya saja desa ini pernah dinobatkan sebagai Desa Ekowisata tingkat nasional, sehingga tidak boleh lagi diikutsertakan," terangnya.

Dijelaskannya, dalam Lomba Pesona Anugerah Desa Wisata ada empat Kategori, yakni Kategori I Daya Tarik Pengunjung. Kategori 2 Homestay, Kategori 3 Kelembagaan dan Kategori 4 Souvenir.

"Harapan kita desa yang menjadi Duta Kabupaten Ogan Ilir pada ajang Pesona Anugerah Desa Wisata, bisa meraih salah satu kategori, syukur-syukur ke empat kategori," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com