Honda

Yuk Simak Cara Pemkot Pagaralam Meningkatkan Produksi Ikan

Yuk Simak Cara Pemkot Pagaralam Meningkatkan Produksi Ikan

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Pagaralam menggelar pelatihan pembuatan pakan ikan--

PAGARALAM, PALPRES.COM- Pemrintah Kota (Pemkot) Pagaralam melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan menggelar pelatihan pembuatan pakan ikan mandiri yang diikuti oleh 10 Kelompok Pembudi Daya ikan (Pokdakan) di Kota Pagaralam, Kamis, 15 Juni 2023.

Pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi ikan guna mencukupi kebutuhan ikan di Kota Pagaralam dan sekitarnya.

"Kita juga mendukung pencegahan penyakit Stunting dengan membudidayakan masyarakat gemar makan ikan," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Ir Zaitun melalui Kabid Pemberdayaan Pengolahan Perikanan H Okta Novianto, S Stpi.

Menurutnya, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan melakukan kegiatan pelatihan pembinaan dan pemantauan budi daya ikan di darat (pelatihan pembuatan pakan ikan mandiri) yang diikuti oleh para kelompok tani pembudi daya ikan binaan dinas terkait.

"Ada 10 Kelompok Pokdakan yang tertarik ikut dalam pelatihan pembuatan pakan ikan mandiri, kita harapkan kegiatan ini bermanfaat bagi mereka dengan tujuan mencerdaskan masyarakat akan pentingnya pangan ikan bagi kehidupan sehari-hari,” ungkapnya. 

Sementara itu Asisten II Pemkot Pagharalam, Dawam SH MM didampingi Staf Ahli Joni mengucapkan, selamat kepada kelompok Pokdakan yang hari ini mewakili Pokdakan yang ada di lima Kecamatan yang ada di Kota Pagaralam dalam kegiatan pembinaan dan pemantauan ikan darat sekaligus melakukan pelatihan pembuatan pakan ikan mandiri.

Kegiatan ini, kata dia sangat penting bagi para pengelola budi daya ikan untuk mengembangkan kesejahteraan masyarakat demi terselenggaranya perputaran roda ekonomi keluarga.

Dikatakannya, peluang usaha produksi pakan ikan mandiri skala rumah tangga dapat memenuhi kebutuhan sendiri maupun kelompok pembudidaya, dimana diharapkan dengan adanya kemandirian pakan memanfaatkan bahan baku lokal dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat khususnya dalam penyediaan pakan ikan buatan lokal.

”Atas nama Pemerintah Kota Pagaralam kami mengucapkan selamat berlatih dalam pembuatan Pakan Ikan diharapkan dengan kegiatan ini produksi Ikan di Kota Pagaralam semakin meningkat yang muaranya di meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Kota Pagar Alam,” pungkas Dawam. (koe)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: