Honda

Patung Si Pahit Lidah Jadi Icon Baru, Pusat Kota Lahat Bakal Lebih Cantik

Patung Si Pahit Lidah Jadi Icon Baru, Pusat Kota Lahat Bakal Lebih Cantik

Patung Si Pahit Lidah akan menjadi icon baru di Kota Lahat-PALPRES.COM-

LAHAT, PALPRES.COM - Tugu Jam Gadang yang selalu menghiasi dan menjadi ikon Kota Lahat, yakni Tugu Jam Gadang, yang letakkan berada di jantung akses jalan protokol Mayor Ruslan, dalam waktu dekat ini akan berganti oleh patung Serunting Sakti atau lebih dikenal dengan Si Pahit Lidah.

"Lengkap dengan air mancur, ini akan memperindah penampilan wajah dari Kota Lahat, yang merupakan legenda hidup bagi Bumi Seganti Setungguan," sebut Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Pertahanan (PRKPP) Lahat, Limra Naufan ST MT, Rabu 21 Juni 2023.

Limra menerangkan, untuk kontruksinya sendiri dari patung Serunting Sakti memiliki ketinggian 3 meter, dan air mancur mencapai 4 meter.

"Lalu akan dibangun dengan sikap sedang berdiri diatas sebongkah batu, menunjuk ke arah jalur one way.

BACA JUGA:10 Tempat Wisata Terbaik di Pagar Alam, Cocok untuk Habiskan Waktu Long Weekend

Tugu baru itu nanti akan sedikit lebar dari tugu jam yang ada saat ini, konsepnya seribu air terjun dan patung Si Pahit Lidah," jelasnya.

Dia menerangkan, kontruksi monumen ini melambangkan identitas dan cermin budaya daerah, dengan menampilkan kegagahan sosok dari Serunting Sakti, bahkan masyarakat luar yang datang ke kota Lahat bakal melihat kegagahan patung ini.

"Saat ini sedang dalam pengerjaan kontruksi, untuk tahap awal adalah pagar untuk pengamanan kontruksi. 

Kami menargetkan tahun ini bisa segera selesai, Insya Allah tahun ini selesai sekarang masih tahap awal,” tukas Limra.

BACA JUGA:Lezatnya Puding Kopi Durian Asal Lubuk Lungkang, Intip Resep dan Cara Pembuatannya?

Terpisah, Camat Kota Lahat, Isna Abidarda BA mengemukakan, tentunya pergantian ikon Kota Lahat dari Tugu Jam Gadang dengan Patung Si Pahit Lidah akan memperindah sekaligus mempercantik.

"Dengan demikian, di bawah kepemimpinan Bupati Lahat, Cik Ujang SH banyak sekali perubahan dari segi pembangunan infrastruktur dan lainnya, seperti halnya ikon berada di jantung Kota Lahat," bebernya.

Sementara itu, Dedi Supriadi warga Kota Lahat mengaku kagum adanya tugu baru di simpang empat Pasar Lematang Lahat, tentunya bisa menambah warna di Kota Lahat. 

Warga pun mengusulkan saat bangunan kontruksi jadi, perlu adanya tambahan ornamen yang mempercantik monumen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: