Honda

Daftar Umroh Tapi Tidak Daftar Haji, Bolehkah? Ini Jawaban Habib Jafar

Daftar Umroh Tapi Tidak Daftar Haji, Bolehkah? Ini Jawaban Habib Jafar

Pendakwah Habib Husein Bin Jafar Al Hadar atau Habib Jafar -Tangkapan Layar Jeda Nulis/Habib Jafdar-YouTube

JAKARTA, PALPRES.COM - Guys, sebagaimana kamu ketahui, bahwa ibadah haji itu hukumnya wajib bagi yang mampu dan haji merupakan rukun Islam yang kelima. 

Hal ini tertuang dalam Al-qur’an yakni pada surat Ali Imran ayat 97 yang berbunyi: 

“Di dalamnya terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) Maqam Ibrahim. Siapa yang memasukinya (Baitullah), maka amanlah dia. (Di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, (yaitu bagi) orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. 

Siapa yang mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu pun) dari seluruh alam”. 

BACA JUGA:Bansos BPNT Tahap 3 Rp400.000 Dihapus untuk KKS Lama? Cek Faktanya

Rasulullah juga mewajibkan ibadah haji guys, sebagaimana hadistnya yang berbunyi :

"Agama Islam itu ditegakkan atas lima dasar, pertama: bersyahadat bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, kedua: mendirikan shalat, ketiga: membayar zakat, keempat: melaksanakan haji, dan kelima: berpuasa di bulan Ramadhan". (HR Bukhari & Muslim)

Lantas, apakah boleh berangkat umroh sebelum haji?  

Ustadz Husein Jafar Al Hadar atau biasa dikenal Habib Jafar dalam Channel YouTube Jeda Nulis menjelaskan  Abdullah bin Umar bin al-Khattab, seorang sahabat Nabi Muhammad SAW dan merupakan periwayat hadis yang terkenal menyebutkan bahwa hal itu boleh dilakukan, karena Nabi Muhammad SAW pernah berumroh sebeLum haji. 

BACA JUGA:3 Tempat Wisata Paling Hits di Sumsel 2023, Nomor 2 Jadi Tempat Healing Anti Mainstream

“Karena Nabi Muhammad SAW berhaji di akhir hajatnya,” jelasnya beberapa waktu lalu. 

Namun guys, Habib Jafar juga mengatakan bahwa para ulama sepakat haji itu adalah kewajiban yang tidak bisa digugurkan melalui apapun, termasuk umroh. 

Meski kamu umroh seribu kali guys, tetap saja masih wajib melaksanakan haji. 

Pahala haji bisa kita raih dengan melaksanakan umroh di bulan Ramadhan, tapi guys kemuliaan haji tidak bisa gugur dan diraih, kecuali kamu berangkat haji atau berniat berangkat haji dengan menabung dan mendaftar haji diluar itu, tidak bisa guys. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: