Honda

Amalan yang Baik Dilakukan Pada Pagi Hari Untuk Pembuka Pintu Rizki

Amalan yang Baik Dilakukan Pada Pagi Hari Untuk Pembuka Pintu Rizki

7 Amalan yang sebaiknya anda lakukan pada pagi hari untuk pembuka pintu rizki--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Pagi hari merupakan awal dari kita menjalankan berbagai aktivitas sehari-hari, baik itu bekerja maupun mulai dari bekerja maupun belajar.

Memulai aktivitas di pagi hari dengan mengerjakan amalan-amalan kebaikan akan memberikan energi positif dan dampak keberkahan bagi kehidupan kita, selain itu bertambahnya pahala, kemudahan dalam menjalankan tugas dan membuka pintu rizki

Berikut 7 amalan yang sebaiknya kita lakukan di pagi hari sesuai petunjuk Rosulullah SAW, silahkan anda menyimak:

1. Salat Sunah Sebelum Subuh

BACA JUGA:BURUAN! 4 Kampus Ini Masih Buka Jalur Mandiri dengan Ujian Online di Rumah

Sebelum mengerjakan salat subuh, sebaiknya kita melaksanakan salat sunah dua rakaat terlebih dahulu sesuai petunjuk dari Rosulullah SAW

Diyakini salat dua rakaat sebelum subuh memiliki berbagai keistimewaan, terutama ganjaran pahala yang sangat besar dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda, “Dua rakaat fajar (shalat sunah qabliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

2. Dzikir

BACA JUGA:MENYENTUH! Begini Isi Doa Terakhir Abdullah Saggaf pada Pilrek Unsri 2023 Sebelum Meninggal Dunia

Dzikir merupakan salah satu cara bagi kita untuk senantiasa mengingat Allah SWT, karena tidak ada suatu apapun di dunia dan akhirat nantinya dapat menjadi penolong, kecuali Allah SWT.

Dzikir di pagi hari yang kita lakukan dapat menenangkan hati dan membuka segala pintu keberkahan dari Allah SWT, yang sudah tentu berimbas pada semangat kita dalam beraktivitas sehari-hari dalam rangka mencari ridho Allah SWT serta memenuhi kebutuhan hidup sesuai bidang pekerjaan kita masing-masing.

Ini amalan-amalan dzikir yang dapat dilakukan ketika waktu Subuh hingga matahari terbit, dan oleh juga dibaca sampai matahari akan bergeser ke barat.

Allah SWT berfirman alam surat Al-Ahzaab, yang artinya:

BACA JUGA:Jalani Rukun Haji, Jemaah Mulai Diberangkatkan ke Arafah untuk Wukuf

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama ) Allah, dziir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzaab: 41-42).

Banyak Amalan-amalan dzikir pada pagi hari sesuai tuntutan dari Rosulullah SAW, dan dapat kita amalkan.

3. Membaca Al Qur'an

Amalan pagi selanjutnya yaiitu membaca Al-Qur’an setelah shalat subuh, suasana yang tenang di pagi hari akan membuat kita semakin fokus ketika membaca Al-Qur’an.

BACA JUGA:Pemberontakan Wagner Disebut Setingan, Mantan KASAD Inggris: Rusia Incar Invasi Ukraina Lewat Belarus

Para penghafal Qur’an juga biasanya memanfaatkan waktu setelah Subuh untuk mengulang hafalan mereka.

4. Mandi atau Membersihkan diri

Sesuai sunnah, segerakan mandi di pagi hari, meskipun perginya di siang hari, tidak ada salahnya untuk mandi pagi.

Dalam segi kesehatan, mandi pagi sangat bermanfaat untuk tubuh, peredaran darah jadi lancar, mengurangi risiko darah tinggi, dan sebagainya.

BACA JUGA:Berikut 3 Amalan yang Dilakukan Nabi Muhammad SAW Sebelum Tidur, Yuk Dicontoh

5. Jangan Menyia-nyiakan Waktu 

Rasulullah SAW memulai paginya dengan segera beraktivitas, dari amalan ini, kita belajar untuk tidak menyia-nyiakan waktu di pagi hari.

Allah berfirman dalam surat Ali Imran:

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.” (QS. Ali Imran: 121).

BACA JUGA:5 Gunung Api Paling Berbahaya Untuk Didaki di Indonesia, Nomor 3 Tertinggi di Pulau Sumatera

6. Beramal

Diriwayatkan sahabat Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

“Sesungguhnya agama itu mudah, tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan, hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh), Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya, perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu berterusan, lakukanlah ibadah (secara berterusan) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” (HR. Bukhari no. 39)

7. Salat Dhuha

Salat dhuha merupakan amalan berkah pagi hari yang dapat membuka pintu rezeki, ssalat sunnah ini hukumnya sunnah muakkad.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu melaksanakan shalat dhuha setiap pagi, diriwayatkan Muslim, dari hadis Aisyah radhiallahu anha, ia berkata:

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya.”

Demikian 7 amalan yang sebaiknya dilakukan pada pagi hari, jangan lupa diamalkan ya sahabat. (frs)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: