Honda

Simak! Ada 5 Hewan yang Dilarang Dibunuh dalam Islam

Simak! Ada 5 Hewan yang Dilarang Dibunuh dalam Islam

Ada beberapa hewan yang dilarang dibunuh dalam Islam yang mempunyai dasar yang baik dalam Alquran-Sumber: Freepik-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Ada 5 hewan yang dilarang dibunuh dalam Islam. Hal ini mengingat, hewan merupakan makhluk hidup ciptaan Allah subhanahuwataallah yang juga harus kita sayangi.

Dalam menjalankan aktivitas sehari-hari tentunya kita selalu melihat hewan-hewan kecil terkadang yang mengganggu.

Dan tak jarang kebanyakan orang-orang yang membunuhnya, tanpa ada lasan yang jelas bahkan kebanyakan orangpun tidak merasa bersalah meskipun telah membunuhnya.

Kamu harus tau kalau dalam islam, dari sekian banyaknya hewan memang ada yang dibolehkan untuk dibunuh, akan tetapi ada juga beberapa hewah yang haram untuk dibunuh, apalagi tanpa alasan yang jelas.

BACA JUGA:HORE! Bansos PKH 2023 Tahap 3 Segera Cair, Cek Nama Kamu di Sini

Oleh sebab itu maka tidak semua hewan kecil yang kerap kali mengganggu kita harus dibunuh meskipun jumlah populasinya terbilang banyak dan tak terbatas.

Terkait tentang haramnya membunuh hewan tentunya mempunyai dasar yang baik dari Alquran dan hadits nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam.

Sudah pasti setiap hewan yang haram dibunuh mempunyai alasan yang tertentu, maka oleh karena itu kita sebagai umat Islam untuk mematuhi larangan itu.

Dilansir dari berbagai sumber dan telah kami rangkum berikut ini 5 hewan yang dilarang untuk dibunuh dalam ajaran Islam karena bisa bikin kamu melarat.

BACA JUGA:GERCEP DAFTAR! Sebentar Lagi Seleksi Mandiri Jalur Nilai UTBK Universitas Brawijaya Malang Tutup Loh

1. Semut

Semut adalah binatang yang kecil dan kerap kali mengganggu kita, akan tetapi semut merupakan hewan yang dipercaya selalu bertasbih kepada Allah tidak hanya itu hewan kecil ini juga merupakan bala tentara Allah yang terbanyak, dan semut salah satu hewan yang dilarang untuk dibunuh dalam ajaran Islam.

Dari abu Hurairah, hadist yang diriwayatkan oleh imam Muslim Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda "Salah satu seekor semut pernah meggigit seorang nabi, kemudian nabi mengutus seseorang untuk mendatangi sarang semut itu dan dibakarnya.

Kemudian Allah subhanahuwataallah menurunkan wahyu kepadanya, seekor semut hanya menggigitmu lalu kalian membasmi satu umat yang selalu bertasbih kepadaku"

BACA JUGA:Rayakan Idul Adha dengan Lezatnya Model Ikan dan Tekwan Khas Palembang

Sedangkan kita sendiri sering lupa untuk bertasbih kepada Allah subhanahuwataallah tapi kita malah membunuh semuat yang mana selalu bertasbih kepadanya.

Oleh karena itu marilah kita bertobat dan memohon apunan dari Allah subhanahuwataallah kalau kita sering melakukannya.

2. Laba-Laba

Sarang laba-laba terkadang banyak ditemui di rumah dan sering kita menganggapnya itu mengganggu kita.

BACA JUGA:Yuk Nikmati Bolu Kojo Khas Palembang, Camilan Legit Menggugah Selera

Akan tetapi dalam sejarah laba-laba merupakan hewan penyelamat nabi tatkala nabi Muhammad yang akan dibunuh oleh kaum Quraisy.

Sebagaimana yang kita ketahui tatkala itu nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam yang hendak dibunuh kemudian beliau bersembunyi di Goa dan pasukan kafir Quraisy saat itu hampir menemukannya.

Tetapi berkat adanya sarang laba-laba  pada tempat masuk kedalam goa yang masih sempurna dan juga kaum Quraisy melihat ada sepasang burung merpati.

Maka pasukan kaum Quraisy gagal menemukannya karna mereka menganggapnya pasti tidak ada seseorang didalamnya.

BACA JUGA:6 Cara Menghilangkan Bau Prengus Pada Olahan Daging Kambing, Silahkan Dicoba

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam tatkala itu berada di goa tsur yang ditemani oleh sahabat sejatinya abu bakar Siddiq, mereka bersembunyi dari banyak kaum kafir Quraisy yang ingin membunuh Rasulullah shalallahu alaihi wasallam.

Dari kisah tersebut maka islam mengajarkan bahwa membunuh seekor laba-laba merupakan suatu masalah yang tidak bisa dimaafkan maka diharamkan.

Maka dari itu jika kalian sering melakukan nya segera bertobat dan meminta ampunlah kepada Allah subhanahuwataallah.

3. Lebah

BACA JUGA:10 Macam Ciri Orang Sok Pintar, Nomor 5 Bikin Menyesatkan

Lebah seringkali kita temui ditaman bungaa atau di tempat tumbuh-tumbuhan yang berbunga, lebah juga banyak seklai macamnya.

Selain itu lebah juga merupakan hewan yang istimewa dalam islam, karena secara harfiah lebah digunakan sebagai salah satu nama surah yang ada di Al-Qur'an yakni surah an-nahl.

Lebah banyak juga memberikan kita pelajaran yang baik dari kehidupannya, salah satunya lebah selalu memakan makanan yang halalan toyyiban.

Oleh karena itu, dengan memakan rezeki yang baik dan juga halal dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat serta halal, salah satunya lebah ialah penghasil madu yang banyak sekali manfaatnya buat kesehatan manusia.

BACA JUGA:Keistimewaan Idul Adha, dari Dicintai Allah hingga Dihapuskannya Dosa

Mayoritas ulama berpendapat bahwa hukum lebah selevel dengan semut yang menjadi pantangan untuk dibunuh atau memakannya, karena lebah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

4. Katak

Katak atau juga sering dikenal dengan kodok, hewan ini sering kita temukan di air- air yang tenang atau di rawa-rawa.

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda "Berilah keamanan bagi seekor katak (jangan dibunuh) karena sesungguhnya suara-suara nya yang didengar itu merupakan suara tasbih dan takbir, dan sesungguhnya hewan-hewan meminta izin kepada sang penciptanya untuk memadamkan api dari nabi Ibrahim, maka di izinkan baginya, maka api menimpanya dan allah menggantikan panasnya api dengan air." Hadist riwayat abu sa'id asy syammiy Ibrahim bin abi ablah (1) (152H) dan aban bin salih yang merupakan periwayat hadis sahih.

BACA JUGA:8 Cara Daftar KIP Kuliah Untuk Jalur Mandiri di PTN dan PTS 2023, Ada Batas Waktu Pendaftaran Ya!

5. Burung Hud-Hud

Burung Hud-Hud merupakan burung yang amat dikenal dengan burung nabi Sulaiman karena menjadi untuk nabi Sulaiman untuk mengantarkan surat kepada ratu bilqis, selain itu juga burung Hud-Hud merupakan salah satu burung yang disebut didalam Al-Qur'an.

Dengan keistimewaan tersebut maka burung satu ini termasuk hewan yang haram untuk dibunuh sesuai dengan ketentuan islam.

Membunuh hewan merupakan hal yang tidak seharusnya dilakukan terkecuali memiliki sebab yang mengharus.

BACA JUGA:5 Kampus Swasta Bergengsi di Indonesia Punya Fasilitas KIP Kuliah, Kampus Kamu Termasuk?

Maka dari sekarang tetaplah berhati hati terhadap hewan yang ada di sekitar kita karena bisa jadi hewan tersebut menjadi penyelamat kehidupan kita. (Ismail Pratama/Mahasiswa Jurnalistik UIN Raden Fatah Palembang)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: