Honda

Minimalisir Sampah Plastik saat Hari Raya Kurban, Asna Apriyadi Sampaikan Hal Ini

Minimalisir Sampah Plastik saat Hari Raya Kurban, Asna Apriyadi Sampaikan Hal Ini

Foto bersama disela-sela Rapat Bulanan dengan Pengurus PKK Tingkat Kabupaten Muba, di Seketariat PKK Kabupaten Muba, Rabu 28 Juni 2023.-Dinas Kominfo Muba-

SEKAYU, PALPRES.COM - Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) melalui Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) mengimbau masyarakat agar menggunakan daun pisang atau daun jati dan sejenisnya, untuk membungkus daging hewan kurban.

Itu berguna untuk meminimalisir sampah plastik, pada Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah / 2023 Masehi.

Hal ini Pj Ketua TP PKK Muba Asna Aini Apriadi sampaikan saat memimpin Rapat Bulanan dengan Pengurus PKK Tingkat Kabupaten Muba, di Seketariat PKK Kabupaten Muba, Rabu 28 Juni 2023.

Menurutnya, penggunaan daun pisang, daun jati atau sejenisnya dan tidak menggunakan kantong plastik, mengurangi sampah palstik yang ditimbulkan.

BACA JUGA:CATAT! Minggu Depan Bansos PKH Bakal Cair, Segera Cek ATM

"Menggunakan alternatif pembungkus daging ramah lingkungan, seperti daun jati, daun pisang, atau jenis lainnya yang terbuat dari bahan yang mudah terurai dan tidak menimbulkan sampah plastik,” imbaunya.

Dalam rapat tersebut, Pengurus PKK Kabupaten Muba membahas terkait program-program yang akan pihaknya lakukan kedepan, terutama menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H.

"Selamat Hari Raya Idul Adha 1444 H. Bersihkan lingkungan, sucikan hati, mohon maaf lahir dan batin," ucapnya. 

Sebelumnya, Perayaan Idul Adha 1444 H yang akan dilaksanakan pada 28-29 Juni mendatang, tentu tidak terpisahkan dengan pemotongan hewan kurban seperti Kambing dan Sapi.

BACA JUGA:Yuk Intip 7 Fakta Tersembunyi Dunia Perkuliahan, Dijamin Bisa Bikin Kamu Tercengang

Dalam kaitan tersebut, Pj Bupati Apriyadi Mahmud meminta semua panitia pemotongan hewan kurban di wilayah Kabupaten Muba untuk tidak menggunakan kantong plastik atau kresek yang digunakan untuk membungkus pembagian daging kurban.

"Kita minimalisir sampah kantong plastik, jadi panitia bisa gunakan daun pisang, pelepah pinang hingga anyaman bambu. 

Kita komitmen kurangi sampah kantong plastik," ucap Pj Bupati Apriyadi Mahmud, Minggu 25 Juni 2023.   

Menurutnya, dengan demikian sampah kantong plastik di Muba dapat berkurang, terlebih sampah jenis kantong plastik sangat susah dan lama proses peleburannya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinas kominfo muba