Honda

Begini Cara Seniman Sumsel Meriahkan HUT Bhayangkara ke-77

Begini Cara Seniman Sumsel Meriahkan HUT Bhayangkara ke-77

Pameran lukisan gelaran bersama Seniman Komunitas Pelukis Indonesia (Kompi) dan Polda Sumsel, meriahkan HUT Bhayangkara ke-77 -Humas Polda Sumsel-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Sebanyak 100 lukisan hasil karya seniman lukis dari berbagai daerah yang tergabung dalam Komunitas Pelukis Indonesia (Kompi) dan Polda Sumsel, dipamerkan dan dilelang di Hotel Hotel Novotel Palembang, Ahad 2 Juli 2023.  

Kegiatan tersebut tidak lain dalam memeriahkan HUT Bhayangkara ke-77. 

Ketua Umum Kompi, Semilang Sutan Fanhar mengatakan, bahwa alhamdulillah kegiatan yang terselenggara di Hotel Novotel Palembang berjalan dengan baik dan lancar. 

"Saat itu ada sekitar 100 lukisan yang kita pamerkan, dan ada 10 lukisan yang dilelang. 

BACA JUGA:2 Bansos Resmi Dihapus Bulan Juli 2023 Khusus untuk KPM Ini

Tapi terjual tiga lukisan saja," ujarnya saat mengkonfirmasi kegiatan tersebut kepada wartawan. 

Tiga lukisan terjual itu, menurut dia, merupakan karya Toto Sianto lukisan bawa hasil panen seharga Rp25 juta, karya Budiawan Candra lukisan aktivitas nelayan di pinggir pantai seharga Rp27 juta, dan karya Mashuri lukisan Huegeng seharga Rp20 juta. 

"Hasil penjualan lukisan sendiri, untuk sebagian kita sumbangkan sebagai dana sosial, sebagiannya lagi untuk kesejahteraan pelukis itu sendiri," kata Semilang. 

Dalam kesempatan ini, Semilang menyampaikan kepada masyarakat dan pemerintah bahwa seniman seniman lukis perlu mendapatkan pembinaan. 

BACA JUGA:Kisah Julaibib, Sahabat Nabi Buruk Rupa yang Dirindukan Bidadari Surga

Dengan karya lukisan yang mereka lukis, ini membuktikan bahwa seni budaya Indonesia seni rupa lukisan itu masih ada. 

"Di Palembang sendiri banyak pelukis hebat, tapi tidak ada wadah. 

Jadi bagaimana pemerintah akan tahu lukisannya, sementara karyanya tidak pernah ditampilkan, tidak pernah dipamerkan," ungkapnya. 

Dengan adanya pameran ini, kata Semilang Pemerintah khususnya Pemerintah Kota Palembang bisa memahami bahwa Palembang ini memiliki pelukis hebat yang perlu dibina dan dirangkul. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: humas polda sumsel