Honda

7 Amalan di Pagi Hari yang Mendatangkan Berkah

7 Amalan di Pagi Hari yang Mendatangkan Berkah

7 Amalan di pagi hari pembawa berkah--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Memulai aktivitas di pagi hari dengan amalan-amalan kebaikan akan memberikan dampak positif bagi kita semua, dan terpenting adalah keberkahan dalam menjalankan aktivitas dan pekerjaan apapun.

Berikut 7 amalan yang sebaiknya kita lakukan di pagi hari sesuai petunjuk Rosulullah SAW, silahkan dibaca dan dilaksanakan.

1. Mandi atau Membersihkan diri

Sesuai sunnah, segerakan mandi di pagi hari, meskipun perginya di siang hari, tidak ada salahnya untuk mandi pagi.

BACA JUGA:Singkatan Nama Pahlawan Nasional yang Jarang Diketahui Orang, Ada WR Supratman Hingga Buya Hamka

Dalam segi kesehatan, mandi pagi sangat bermanfaat untuk tubuh, peredaran darah jadi lancar, mengurangi risiko darah tinggi, dan sebagainya.

2. Salat Sunah Sebelum Subuh

Sebelum mengerjakan salat subuh, sebaiknya kita melaksanakan salat sunah dua rakaat terlebih dahulu sesuai petunjuk dari Rosulullah SAW

Diyakini salat dua rakaat sebelum subuh memiliki berbagai keistimewaan, terutama ganjaran pahala yang sangat besar dari Allah SWT.

BACA JUGA:5 Penginapan Murah di Palembang, Prabumulih dan Muara Enim

Rasulullah SAW bersabda, “Dua rakaat fajar (shalat sunah qabliyah subuh) lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

3. Dzikir

Dzikir merupakan salah satu cara bagi kita untuk senantiasa mengingat Allah SWT, karena tidak ada suatu apapun di dunia dan akhirat nantinya dapat menjadi penolong, kecuali Allah SWT.

Dzikir di pagi hari yang kita lakukan dapat menenangkan hati dan membuka segala pintu keberkahan dari Allah SWT, yang sudah tentu berimbas pada semangat kita dalam beraktivitas sehari-hari dalam rangka mencari ridho Allah SWT serta memenuhi kebutuhan hidup sesuai bidang pekerjaan kita masing-masing.

Ini amalan-amalan dzikir yang dapat dilakukan ketika waktu Subuh hingga matahari terbit, dan oleh juga dibaca sampai matahari akan bergeser ke barat.

BACA JUGA:Jadwal Sholat Kota Palembang Beserta Niatnya, Hari Ini Rabu 05 Juli 2023

Allah SWT berfirman alam surat Al-Ahzaab, yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama ) Allah, dziir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.” (QS. Al-Ahzaab: 41-42).

Banyak Amalan-amalan dzikir pada pagi hari sesuai tuntutan dari Rosulullah SAW, dan dapat kita amalkan.

4. Membaca Al Qur'an

BACA JUGA:Ada Saldo Masuk di Kartu KKS KPM, Benarkah Bansos PKH Tahap 3 Sudah Cair? Berikut Penjelasannya

Amalan pagi selanjutnya yaiitu membaca Al-Qur’an setelah shalat subuh, suasana yang tenang di pagi hari akan membuat kita semakin fokus ketika membaca Al-Qur’an.

Para penghafal Qur’an juga biasanya memanfaatkan waktu setelah Subuh untuk mengulang hafalan mereka.

5. Jangan Menyia-nyiakan Waktu 

Rasulullah SAW memulai paginya dengan segera beraktivitas, dari amalan ini, kita belajar untuk tidak menyia-nyiakan waktu di pagi hari.

BACA JUGA:The Black Rider Mujahidah! Khaulah binti Azur Ksatria Berkuda Hitam, Pedang Allah dari Kalangan Muslimah

Allah berfirman dalam surat Ali Imran:

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika kamu berangkat pada pagi hari dari (rumah) keluargamu akan menempatkan para mukmin pada beberapa tempat untuk berperang.” (QS. Ali Imran: 121).

6. Beramal

Diriwayatkan sahabat Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda;

BACA JUGA:Kisah Hanzhalah, Sahabat Rosulullah yang Jasadnya Dimandikan Malaikat

“Sesungguhnya agama itu mudah, tidak ada seorangpun yang membebani dirinya di luar kemampuannya kecuali dia akan dikalahkan, hendaklah kalian melakukan amal dengan sempurna (tanpa berlebihan dan menganggap remeh), Jika tidak mampu berbuat yang sempurna (ideal) maka lakukanlah yang mendekatinya, perhatikanlah ada pahala di balik amal yang selalu berterusan, lakukanlah ibadah (secara berterusan) di waktu pagi dan waktu setelah matahari tergelincir serta beberapa waktu di akhir malam.” (HR. Bukhari no. 39)

7. Salat Dhuha

Salat dhuha merupakan amalan berkah pagi hari yang dapat membuka pintu rezeki, ssalat sunnah ini hukumnya sunnah muakkad.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam selalu melaksanakan shalat dhuha setiap pagi, diriwayatkan Muslim, dari hadis Aisyah radhiallahu anha, ia berkata:

BACA JUGA:Terlihat Menjijikan, Hewan Bertulang Lunak Ini Miliki 10 Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam shalat Dhuha sebanyak empat (rakaat), kadang beliau menambah sesuai keinginannya.”

Demikian 7 amalan yang sebaiknya dilakukan pada pagi hari, jangan lupa diamalkan ya sahabat. (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: