Honda

Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

Bupati Musi Rawas Hj Ratna Machmud Raih Penghargaan Manggala Karya Kencana

Bupati Mura Hj Ratna Machmud dan Ketua TP PKK Mura, H Riza Novianto Gustam-Zulkarnain-palpres.com

Beliau menjabat sejak 26 Februari 2021 setelah dilantik Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru di Griya Agung, Palembang.

Dengan melihat berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan oleh Ir. Hj. Ratna Machmud sebagai Bupati dan beberapa hal kegiatan yang sangat menonjol dalam rangka mensukseskan Program Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Sejahtera di Kabupaten Musi Rawas, sehingga sudah sepantasnyalah beliau diusulkan untuk memperoleh penghargaan “Manggala Karya Kencana” dari Kepala BKKBN Pusat.

Indikator pelayanan kunci dalam rangka pengendalian penduduk di Kabupaten Musi Rawas diukur melalui angka TFR, CPR, Unmet Need, jumlah peserta baru MKJP terhadap KKP, jumlah peserta baru non MKJP terhadap KKP, Angka ASFR (15-19 tahun), laju pertumbuhan penduduk,dan jumlah pernikahan, serta jumlah penduduk berasarkan umur. 

Bupati Mura Hj Ratna Machmud saat meraih Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN-Zulkarnain-palpres.com

Secara rinci, pertama, syarat administrasi, telah mencapai 2 tahun berkarya dalam pembangunan program bangga kencana.

Kemudian, syarat dukungan politis dalam rangka mendukung pelaksaaan kegiatan program bangga kencana terdapat 8 indikator secara operasional berkinerja baik seperti cakupan akseptor KB, dukungan opeasional program bangga kencana, secara institusi dinas DPPKB bertipe A.

Lalu, dukungan lintas sektor dalam program ini terjalin dalam MoU 17 OPD mengoptmalisasikan program kampung keluarga berkualitas dan percepatan penurunan stunting, keberhasilan cakupan program dengan 9 indikator meningkatnya cakupan KB Aktif sekitar 75% dari target, cakupan unmetneed menurun dari 13% menjadi 11%, TFR sekitar 2,4%.

Secara umum, kata Nizar, Bupati Musi Rawas dalam kurun waktu 2021 sampai dengan 2022 berpredikat baik yang didukung secara optimal dari Kader PKK Kabupaten Musi Rawas.

Kemudian hal yang mendukung bahwa Bupati Musi Rawas mendapatkan Penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN Pusat, karena berbagai apresiasi dan penghargaan dari pemerintah, NGO dan swasta dalam mendukung program pengendalian penduduk dan kesejahteraan keluarga.

Seperti penghargaan dari presiden tentang kepatuhan standar pelyanan publik, kementerian dalam nengeri, kesehatan, peran wanita, pariwisata sampai penghargaan dan apresiasi Gubernur Provinsi Sumatera Selatan dan lain sebagainya dalam kurun waktu 2021 sampai dengan 2022.

Adapun pemberian penghargaan ini bertujuan secara umum memberikan spirit dorongan dalam rangka meningkatkan kinerja untuk terus berkarya demi suksesnya program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). 

Program ini merupakan investasi jangka panjang dalam pembangunan manusia di daerahnya masing-masing.

Selain itu, dengan apresiasi ini, akan mendapatkan dukungan dari mitra kerja terhadap program pembangunan keluarga sebagaimana yang dicita-citakan di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Namun dalam jangka pendeknya program ini akan memberikan kontribusi terhadap program nasional seperti percepatan penurunan stunting, optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres .com