Honda

Hj. Yetti Oktarina Prana Terima Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI

Hj. Yetti Oktarina Prana Terima Penghargaan Satyalancana Wira Karya dari Presiden RI

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana menerima penghargaan Satyalencana Wira Karya--

LUBUKLINGGAU, PALPRES COM- Ketua Tim Penggerak PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana menerima penghargaan dari Satyalancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia (RI), H Joko Widodo.

Penghargaan itu juga diberikan kepada Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, Bupati Banyuasin, Askolani dan Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), Iskandar dan lainnya.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin didampingi Ketua BKKBN RI, dr Hasto Wardoyo beserta rombongan pada acara Hari Keluarga Nasional (Harganas) di halaman Kantor Bupati Banyuasin, Kamis, 6 Juli 2023.

Turut hadir mendampingi, Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe, Sekretaris Daerah (Sekda), H Trisko Defriyansa, Asisten I, Kahlan Bahar, Kepala OPD dan pejabat Pemkot Lubuklinggau lainnya yang sempat hadir.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Koin Kuno Rp1000 Kelapa Sawit Dihargai Rp250 Juta, Kamu Punya? Auto Kaya

Penganugerahan tanda kehormatan berupa Satyalencana Wira Karya dari Presiden RI kepada Ketua TP PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana yang berjasa, berprestasi, berkomitmen dan memberikan dharma baktinya yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia khususnya dalam pelaksanaan program Bangga Kencana sehingga menjadi panutan dan teladan bagi orang lain. 

Kepala BKKBN RI Hasto Wardoyo dalam sambutannya mengungkapkan, dengan dukungan semua lapisan masyarakat, pihaknya berhasil menurunkan nilai fertility rate menjadi dibawah 2,1 persen, hal ini menunjukan bahwa tugas dan fungsi BKKBN sebagai pengendalian penduduk sudah terlaksana dengan baik. 

Saat ini sambungnya, pernikahan dibawah umur dan kehamilan ibu dibawah umur sudah sangat rendah. Oleh karena itu, dalam mewujudkan keluarga berkualitas, pemenuhan gizi anak dan kualitas keluarga merupakan hal yang saat ini harus menjadi fokus. Selain itu juga, target penurunan stunting nasional menjadi sebesar 14 persen tetap harus menjadi perhatian bersama. 

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru dalam sambutannya mengatakan penunjukan Sumsel sebagai tuan rumah Harganas 2023 tentu saja memenuhi kriteria yang ditentukan oleh pemerintah pusat. 

BACA JUGA: Kisah Tipu Sultan, ‘Harimau’ Hebat dari Mysore India

Selain sebagai apresiasi atas penurunan stunting di Provinsi Sumsel, keberhasilan tersebut juga tidak lepas dari kerjasama bupati/wali kota dalam wilayah Provinsi Sumsel. 

“Oleh karena itu, pada kesempatan ini izinkan kami mengucapkan terima kasih sekaligus permohonan maaf apabila dalam pelaksanaan kegiatan ini terdapat kekurangan sehingga tidak berkenan bagi para undangan sekalian,” imbuhnya.

Wakil Presiden RI, KH Ma’ruf Amin menyampaikan, target penurunan stunting menjadi dibawah 14 persen pada 2024 hanya dapat terlaksana bila kerjasama antar lembaga pemerintah pusat sampai dengan daerah terjalin dengan baik.

Wapres mengutip Unicef bahwa anak yang stunting merupakan anak yang tinggi badan dan otaknya tidak berkembang sesuai dengan usia seharusnya. 

BACA JUGA:Emak-emak Prasejahtera di Muba Ada Kabar Baik! Pj Bupati Bakal Berikan Ini untuk Hasilkan Cuan

Selain stunting kata Wapres, pencegahan pernikahan dini juga harus digiatkan, karena dampak buruknya lebih besar dibandingkan manfaatnya. 

"Segala hal yang membahayakan harus kita hindari, wajib hukumnya bagi kita menghindari hal yang membahayakan diri sendiri ataupun orang lain,” ingatnya. 

“Keluarga yang hebat akan menghasilkan anak yang hebat, jadi harus direncanakan dengan sebaik-baiknya. Karena anak yang hebat merupakan harapan penerus bangsa yang hebat. Selamat Hari Keluarga Nasional ke-30. Anak bebas stunting, menuju Indonesia maju," tandasnya.

Terpisah, Ketua Tim PKK Kota Lubuklinggau, Hj Yetti Oktarina Prana mengaku, tidak menyangka bakal mendapatkan penghargaan Satyalancana Wira Karya.

BACA JUGA:5 Daerah dengan Biaya Hidup Paling Mahal di Riau, Ternyata Pekanbaru Juaranya, Bikin Syok Lihat Nominalnya

"Alhamdulillan, tidak mengira akan diapresiasi setinggi ini, terimakasih pada semuanya yang telah membantu dan bekerja keras selama ini," tulisnya diakun istagram pribadinya. (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: