Honda

Cara Cepat dan Mudah Menghafal Al Qur'an dengan Metode 3 T dan 1 M

Cara Cepat dan Mudah Menghafal Al Qur'an dengan Metode 3 T dan 1 M

Cara cepat dan mudah menghafal Al Qur'an dengan metode 3 T dan 1 M--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Salah satu keistimewaan Kitab Suci Al Qur'an bagi umat Islam adalah dapat dihafal seluruh isi surat dan ayat-ayat di dalam Al Qur'an, saat ini banyak metode atau cara yang ditemukan para ahli supaya cepat menghapal Al Qur'an dengan kualitas yang baik dan benar.  

Salah satu metode menghafal Al Qur'an tersebut adalah 3 T dan 1 M yang digunakan di Universitas Darussalam Gontor, dimana metode ini diyakini mudah dan effektif tapi dibutuhkan ketekunan agar berhasil menghafal Al Qur'an.

Sebelum membahas metede 3 T plus 1 M, mari sejenak kita bahas tentang keutamaan orang yang menghafal Al Qur'an, diantaranya Al Qur'an akan menjadi syafaat di hari kimata, sesuai hadis Rosulullah SWA 'Bacalah Al Qur'an, karena dia akan datang pada hari kiamat sebagai syafaat bagi shahibul Qur'an', HR Muslim 804.   

Keutamaan selanjutnya adalah akan selalu mendapatkan keinikmatan dari Allah SWT, dan itu sesuai dalam firman Allah SWT, 'Barang siapa yang menolong Allah SWT, maka Allah SWT akan menolongnya', QS Muhammad: 7, tapi yang perlu kita pahami disini bahwa menolong dalam ayat tersebut maksudnya adalah menolong perjuangan agama islam, dan membaca serta menghapal Al Qur'an merupakan salah satu cara dalam menolong Islam.

BACA JUGA:Beasiswa Santri Masih Dibuka, Gratis Kuliah Hingga Biaya Hidup, Begini Cara Daftar    

Berikut kami jelaskan tentang cara atau metode 3 T dan menghafal Al Qur,an secara cepat, mudah dan benar dengan metode 3 T dan 1 M, yuk disimak! 

1. Talqin atau Tasmi

Penjabaran metode 3 T yang pertama adalah Talqin atau Tasmi, Talqin maksudnya seorang ustdaz membaca Al Qur'an, kemudian diikuti oleh para santrinya, sedangkan tasmi masudnya santri membaca atau menghafal Al Qur'an yang didengarkan langsung oleh ustdaz.

Namun jika anda tidak memiliki ustadz yang dapat membacakan Al Qur'an untuk anda, maka dapat mendengarkan bacaan Al Qur'an melalui rekaman atau melihat di media sosial yang dapat menjadi salah satu alternatif mendengarkan bacaan Al Qur'an.

BACA JUGA:10 Kampus Terbaik Ini Menjamin Lulusannya Langsung Kerja, Nomor 7 Incaran Perusahaan Hingga Internasional

Kendati demikian, memang metode talqin atau tasmi yang berhadapan langsung dengan ustdaz lebih baik daripada mendengarkan rekaman atau menonton di media sosial, karena kesalahan anda dalam bacaan Al'qur'an dan hafalan dapat di koreksi langsung oleh ustadz 

2. Tafahhum

Metode atau cara dalam 3 T selanjutnya adalah Tafahhum, maksudnya adalah memahami arti dari bacaan Al Qur'an yang akan dihafal, akan tetapi memang tidak semua orang harus melalui tahapan ini dalam menghapal, karena yang dianjurkan untuk memahami Al Qur'an pada saat menghafal adalah mereka yang berusia remaja dan dewasa, sedangkan untuk usia anak-anak belum dianjurkan.

3. Tikrar

BACA JUGA:Beasiswa Santri Masih Dibuka, Gratis Kuliah Hingga Biaya Hidup, Begini Cara Daftar

Metode atau cara selanjutnya dari 3 T adalah Tikrar, maksudnya mengulang-ulang hafalan, dengan cara membaca ayat pertama hingga 10 sampai 20 kali sampai hafal, lalu baca ayat kedua sebanyak 10 sampai 20 kali sampai hafal, lalu baca ayat pertama dan kedua sebanyak 10 sampai 20 kali sampai benar-benar hafal.

Kemudian baca ayat ketiga sebanyak 10 sampai 20 kali sampai hafal dan baca ayat pertama, kedua serta ketiga sebanyak 10 sampai 20 kali sampai hafal, dan seterusnya.

4. Muraja'ah

Metode atau cara ketiga dari 1 M adalah Muraja'ah, maksudnya mengulangi kembali bacaan dan hafalan Al Qur'an, metode Muraja'ah ini sangat penting anda lakukan supaya hafalan-hafalan Al Qur'an tadi lebih kuat dalam benak anda. 

BACA JUGA:Resmi Mengaspal di Indonesia, Motor Sport Retro yang Miliki Fitur SmartXonnect, Dibanderol Mulai Rp34 Jutaan  

Kemudian ada beberapa tips penting yang harus anda perhatikan dalam menghafal Al Qur'an, yaitu 

1. Menggunakan 1 mushaf

Menggunakan 1 mushaf maksudnya menggunakan satu Al Qur'an saja selama proses menghafal Al Qur'an, karena hal ini sangat memudahkan anda dalam proses menghafal dan mengulang kembali hafalan Al Quran.

2. Mengdengarkan bacaan Qari

BACA JUGA:Banyak Peminat, Jurusan DKV Ternyata Miliki Prospek Kerja Tinggi

Anda juga harus membiasakan diri mendengarkan bacaan dari qari, karena dapat membantu anda dalam menambah atau pun mengulangi hafalan, anda dapat mendengarkan bacaan para Imam di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk menambah refrensi anda dalam bacaan Al Qur'an, dan kita dapat membiasakan diri untuk berhenti (waqf) dalam bacaan Al Qur'an di titik yanng tepat, kemudian untuk memudahkan dalam fafalan, usahakan mendengarkan bacaan murattal, bukan mujawwad.

3. Teknologi, sarana memaksimalkan cara menghafal al-quran

Berada dalam perjalanan namun tidak membawa mushaf? pastikan anda sudah menginstall aplikasi Al-Quran di hanphone HP. Sehingga kemanapun anda pergi, anda dapat selalu membaca ataupun mendengarkan al-Quran.

Demikian cara cepat dan mudah menghafal Al Qur'an dengan metode 3 T dan 1 M, semoga bermanfaat dan menghadirkan keberkahan dari Allah SWT bagi kita semua, Waulohu'alam. (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: