Honda

Wow! Pengrajin Aluminum di OI Belajar ke Jawa Tengah

Wow! Pengrajin Aluminum di OI Belajar ke Jawa Tengah

Bupati OI Panca Wijaya Akbar dan Istri saat foto bersama Bupati Boyolali dan istri, disela-sela kunjungan ke Boyolali, Jawa Tengah.-Wijdan-palpres.com

BOYOLALI, PALPRES.COM - Sebanyak 25 Pengrajin Aluminium Kabupaten Ogan Ilir terbang ke Jawa Tengah, tepatnya ke Boyolali.

Para pengrajin ini, melakukan studi tiru, Senin 10 Juli 2023.

Ini diketahui dalam jadwal Pemkab Ogan Ilir yang dihadiri langsung Bupati Panca Wijaya Akbar yang rencananya diterima langsung Bupati Boyolali, diruang Marbau Kantor Bupati Boyolali.

Selanjutnya rombongan Bupati Panca dan pengrajin yang didampingi Wakil Ketua Dekranasda Provinsi Sumsel, Ketua Dekranasda Ogan Ilir beserta pengurus dan Kepala Dinas terkait lainnya, akan langsung menuju Desa Tumang Kecamatan Cepogo Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah. 

BACA JUGA:Jual ke Sini, Koin Emas Kuno Rp500 Motif Melati Bisa Laku Rp100 Juta

Ini adalah terobosan baru Bupati Panca, untuk mengembangkan pengrajin-pengrajin di Kabupaten Ogan Ilir.

"Perajin logam Aluminium Ogan ilir ke Desa Tumang Kecamatan Cipogo, Boyolali, guna melihat secara langsung dan melakukan pembuatan produk berbahan Aluminium dan Tembaga," ungkap Kepala Dinas Disperindagkop UMKM Kabupaten Ogan Ilir, Ir Tapip.

Menurut Tapip, produk pengrajin aluminium dan tembaga di Tumang ini dibuat untuk berbagai barang aksesoris.

Dicontohkannya, seperti, hiasan dinding, pot bunga, nampan, gelas, tempat buah, tempat lampu hias, dan berbagai perhiasan lainnya.

BACA JUGA:SELAMAT! Bansos BPNT Tahap 3 Cair di Tanggal Ini, Ambilnya di Kantor Pos, Tiap KPM Dapat Rp600.000

"Dalam proses pembuatan hampir sama dari pelat yang ditempa  sedemikian rupa, hingga bentuk yang diinginkan," katanya.

Tak hanya pemahatan, katanya,  finishing yang memerlukan ketelitian dan kehalusan pekerjaan.

"Mulai dari teknik penempaan, pemolesan sampai pelapisan, serta barang yang dibuat memiliki keunikan yang semua melalui hand made," tukasnya.

Sebelumnya Bupati Panca Wijaya Akbar mengatakan, agar pengrajin-pengrajin di Ogan Ilir bisa berkunjung ke daerah lain guna mempelajari hasil pengrajinnya untuk dibawa ke Ogan Ilir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com