Honda

Mengenal Sahabat Nabi yang Ditakuti Setan, Umar bin Khattab!

Mengenal Sahabat Nabi yang Ditakuti Setan, Umar bin Khattab!

Sahabat nabi bernam Umar bin Khattab diberi gelar Al-Faruq karena ditakuti kaum Quraisy dan setan-Ilustrasi: Ismail Pratama-

PALEMBANG,PALPRES.COM - Kisah sahabat nabi yang paling ditakuti oleh setan yakni Umar bin Khattab.

Dilansir dari berbagai sumber yang telah kami rangkum berikut ini sekilas kisah tentang sahabat nabi bernama Umar bin Khattab.

Umar bin Khattab merupakan Khalifah Islam ke dua. Nama lengkapnya Umar bin Khattab bin Nufail bin Abdullah Izzy bin Rabbah bin Qirath bin Razah bin Adi bin Ka'ab bin Luay Al-Quraisy Al-Adawy.

Terkadang Umar ini dipanggil dengan sebutan Abu Hafash yang diberi gelar al-Faruq. dan ibunya bernama Hantima binti Hasyim bin al-Muqhirah al-Makhzumiyah.

BACA JUGA:Intip Kemegahan Perpustakaan 2 Kampus Terbaik Indonesia TOP Webometrics 2023, No 1 Mirip Mall

Disebutkan dalam sebuah riwayat bahwa Umar bin Khattab masuk Islam ketika penganut Agama Islam sekitar 40 orang.

Umar bin Khattab merupakan salah satu orang pada saat di zaman Rasulullah Saw. orang yang ingin membunuh Nabi Muhammad Saw.

Akan tetapi Umar bin Khattab malah menjadi bagian dari Umat Islam, cerita bermula ketika Umar menemui adiknya Fatimah binti Khatab yang sedang membaca lembaran Al-Qur'an.

Singkat cerita kemudian Umar Berkata berikan lebaran  (Al-Qur'an) itu kepadaku, dan adiknya menjawab kamu dalam keadaan najis maka tidak boleh menyentuh lembaran ini kecuali dalam keadaan suci.

BACA JUGA:3 PTS Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Apa Keunggulannya? Simak!

Adiknya  Umar bin Khattab juga mengatakan jika ingin menyetuh dan membaca lembaran ini maka bersucilah.

Kemudian Umar berdiri dan mandi (bersuci) dan membaca lebaran (Al-Qur'an) yakni surah Thaha sampai dengan ayat 14 yang artinya.

'Sesungguhnya aku Ini adalah Allah, tidak ada tuhan selain aku, maka sembahlah aku, dirikanlah sholat untuk mengingatku.'

Setelah selesai membaca ayat tersebut Umar bin Khattab menemui Rasulullah Saw dan menyatakan masuk Islam di hadapan Rasulullah Saw.

BACA JUGA:3 Keunggulan Kampus Swasta Terbaik di Indonesia Versi Webometrics 2023

Dengan masuknya Umar ke dalam Islam menambah kejayaan Islam dan kaum muslimin.

Umar turut serta dalam peperangan yang di lakukan bersama Rasulullah Saw dan tetap bertahan dalam perang Uhud bersama Rasulullah.

Rasulullah Saw. memberikan gelar al-Faruq kepada Umar bin Khattab.

Merujuk ke kisah Umar bin Khattab sebagai mana di sebutkan dalam sebuah Riwayat bahwa Umar bin Khattab adalah sahabat nabi yang paling ditakuti, tidak hanya orang Quraisy tapi Setan juga ketar ketir.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi, Thalhah bin Ubaidillah, Perisai Rasulullah Sekaligus Si Pemilik Hari Uhud

Disebutkan dalam sebuah kisah bahwa setan dari bangsa Jin akan memilih kabur apabila bertemu Umar bin Khattab. Karena beliau dikenal berani dan bijaksana.

Disebutkan juga dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tarmizi, bahwa Rasulullah pernah duduk dan ada budak wanita yang memukul rabana, dan para sahabat Nabi lainnya masuk wanita itu tidak berenti akan tetapi ketika Umar bin Khattab masuk maka wanita tersebut langsung melemparkan rabananya.

Selain itu dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tarmizi juga menyebutkan, bahwa setan tidak akan melalui jaln yang di lalui oleh Umar, dan setan lebih baik mencari jalan lain.

Penyebab takutnya setan kepada Umar tentu bukan hanya keberaniannya, akan tetapi Umar dikenal memilih Iman yang Kokoh dan tidak mau terpedaya oleh urusan dunia.

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi, Nuaiman Masuk Surga Karena Bikin Tertawa, Kok Bisa?

Umar bin Khattab Wafat pada hari Rabu pad bulan Zulhijjah tahun 23 Hijriah dalam Usia 63 Tahun.

Umar bin Khattab di makamkan di sebelah Makam Nabi dan Abu Bakar Ash-Shiddiq.

Setelah Umar wafat jabatan Khalifah di pegang oleh sahabat Nabi Ustman bin Affan semoga Allah meridhoi nya.

Itulah sekilas kisah sahabat nabi yang paling ditakuti Setan bernama Umar bin Khattab yang bergelar Al-Faruq.*

BACA JUGA:Kisah Sahabat Nabi! Khalifah Umar bin Khattab dan Masa Lalu Seorang Perempuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: