Honda

Pertumbuhan Ekonomi di Sumsel Sepanjang 2023 Diperkirakan Tetap On Track

Pertumbuhan Ekonomi di Sumsel Sepanjang 2023 Diperkirakan Tetap On Track

Kepala Kanwil Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Erwin Soeriadimadja (nomor 2 dari kiri) berbicara tentang pertumbuhan ekonomi di Sumsel dalam kegiatan Bincang Bareng Media yang berlangsung di Kantor BI Sumsel, Rabu 12 Juli 2023.--

PALEMBANG,PALPRES.COM- Momentum pemulihan ekonomi Sumatera Selatan tetap berlanjut dengan inflasi yang tetap terjaga dalam range target.

Hal ini terlihat dari berbagai survei yang dilakukan oleh Bank Indonesia mengindikasikan keyakinan konsumen meningkat dan berada dalam zona optimis dimana Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) tercatat 137,83 (indeks > 100), cenderung sama dibandingkan dengan IKK pada bulan Mei 2023. 

Masyarakat masih optimis bahwa kondisi perekonomian pada 6 bulan ke depan akan tetap kuat, baik dari aspek kegiatan usaha, peningkatan penghasilan, maupun ketersediaan lapangan kerja.

Dari sisi dunia usaha, hasil Survei Kegiatan Dunia Usaha menunjukkan bahwa kegiatan usaha pada triwulan II 2023 diprakirakan meningkat dibandingkan triwulan sebelumnya.

BACA JUGA:Bank Indonesia Pertahankan BI7DRR di Level 5,75 Persen

Terutama ditopang oleh kegiatan usaha LU pertanian, kehutanan dan perikanan yang diperkirakan mengalami peningkatan dengan adanya panen raya komoditas pangan serta  kegiatan usaha LU informasi dan komunikasi yang tetap kuat. 

“Kami melihat optimisme pelaku usaha ini akan terus berlanjut hingga akhir tahun 2023,”ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Erwin Soeriadimadja, dalam kegiatan bincang bareng media, Rabu 12 Juli 2023 kemarin. 

Selanjutnya, dari sisi harga, Survei Pemantauan Harga Kota Palembang pada minggu pertama Juli 2023 menunjukkan inflasi yang rendah yang didorong oleh semua kelompok pembentuk inflasi yaitu AP, VF dan Cores.

Penyumbang inflasi pada kelompok Volatile Food tertinggi adalah komoditas cabai merah yang disebabkan karena supply atau ketersediaan yang menipis di tingkat petani yang dipengaruhi oleh cuaca yang kurang baik.

BACA JUGA:Sinergi Bank Indonesia dan APEKSI Atasi Inflasi dan Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Selanjutnya pada kelompok Cores, inflasi dipengaruhi oleh kenaikan harga komoditas ayam goreng dimana peningkatan ini sejalan dengan meningkatnya harga bahan bakunya yaitu daging ayam ras.

Inflasi disumbang oleh kelompok Administered Price utamanya pada kenaikan harga tarif angkutan udara yang diperkirakan masih dalam tren peningkatan sebagai dampak dari masa libur sekolah semester genap yang masih berlangsung selama bulan Juli 2023.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi dan inflasi 

Secara keseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi Sumatera Selatan tahun 2023 diperkirakan tetap tumbuh kuat dan on track dari prakiraan sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: