Honda

Surga Tersembunyi di Ogan Komering Ilir, Jaraknya Hanya 6 Jam dari Palembang

Surga Tersembunyi di Ogan Komering Ilir, Jaraknya Hanya 6 Jam dari Palembang

Surga tersembunyi di Ogan Komering Ilir-PALPRES.COM-

KAYUAGUNG, PALPRES.COM - Ada sebuah pulau nan eksotis yang merupakan Surga Tersembunyi, yang berada di Desa Sungai Lumpur, Kecamatan Tulung Selapan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Ya, pulau berbentuk Ikan Pari ini menguatkan fakta bahwa Sumatera Selatan juga mempunyai hamparan pantai putih yang indah.

Secara fisiografis, bentang alam Kabupaten Ogan Komering Ilir merupakan dataran rendah, dengan rawa-rawa sebagai unsur utamanya.

Ogan Komering Ilir juga menjadi wilayah di Sumsel dengan garis pantai terpanjang.

BACA JUGA:Unik, Jembatan Penghubung di OKI Memiliki Atap, Sudah Ada Sejak 1957

Pulau yang dinamakan Pulau Maspari ini pernah masuk nominasi 'Surga Tersembunyi Terpopuler' dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2020.

Bupati OKI, H Iskandar SE mengatakan, Pemkab sangat merespon positifanugerah ini karena menjadi media untuk promosi pariwisata di daerah.

Pulau yang berada di paling timur Provinsi Sumatera Selatan ini memiliki keindahan alam yang sangat alami, seperti terdaopat batu karang, pasir putuh, serta air laut yang masih jenih.

Di Pulau Maspari ini juga sudah dikembangkan penangkaran Penyu Sisik, salah satu jenis penyu yang cukup langka.

BACA JUGA:SUV Terbaru Suzuki, Harga Rp150 Jutaan, Bahan Bakarnya Lebih Irit, Yuk Kepoin

Pulau ini masuk dalam kawasan terdepan yang berbatasan dengan Provinsi Bangka Belitung dan Lampung.

Tak heran jika Pulau Maspari ini menjadi ikon pariwisata yang sangat membanggakan warga Sumsel untuk bisa menarik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Besar harapan kepada masyarakat untuk memberikan dukungan agar Pulau Maspari ini bisa menjadi salah satu pariwisata terbaik di Indonesia dan khususnya di Kabupaten OKI, Provinsi Sumsel.

Bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi ini, ada dua rute yang bisa ditempuh jika berangkat dari Kota Palembang.

BACA JUGA:Stadion Kelas Eropa JIS Disebut Tak Standar FIFA, Kok Bisa? Ini Penjelasannya

Pertama, dapat menggunakan jalur air langsung dari Sungai Musi, tepatnya melalui Benteng Kuto Besak atau dermaga dekat jembatan Sungai Musi.

Kemudian dilanjutkan dengan kapal motor (speed boat) berkapasitas 10 orang menelusuri Sungai Musi menuju Upang, lalu jalur laut menyusuri Selat Bangka, menuju arah timur Sumatera Selatan.

Setelah itu pengunjung dapat langsung menuju Pulau Maspari dalam waktu kurang lebih 6 jam perjalanan.

Kedua, pengunjung bisa menelusuri jalur darat menuju Sungai Lumpur, dari Kota Palembang menuju Tulung Selapan OKI dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam.

BACA JUGA:Wajib Anda Kunjungi! Objek Wisata Baru di Kabupaten OKI

Kemudian disambung dengan kapal motor langsung menuju Pulau Maspari dengan jarak tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: