Honda

Masuk TOP QS WUR 2024, Ternyata ITS Punya 5 Jurusan Kuliah yang Langka di Indonesia, Berminat?

Masuk TOP QS WUR 2024, Ternyata ITS Punya 5 Jurusan Kuliah yang Langka di Indonesia, Berminat?

Masuk TOP QS WUR 2024, Ternyata ITS Punya 5 Jurusan Kuliah yang Langka di Indonesia, Berminat?--its.ac.id

JAKARTA, PALPRES.COM - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang menduduki peringkat ke-621-630 dalam QS WUR 2024 memiliki banyak pilihan jurusan di dalamnya.

Bukan hanya banyak, ternyata beberapa jurusan di ITS juga langka dan hanya bisa ditemui di institusinya atau di beberapa kampus Indonesia lain.

Penasaran jurusan apa saja? Berikut Jurusan kuliah langka yang ada di ITS.

1. Teknik Transportasi Laut

BACA JUGA:Maba Merapat! Begini Rumpun UKM di ITB, Kampus TOP QS WUR 2024

BACA JUGA:Nomor 1 Bukan Bogor, Inilah 10 Daerah Termaju di Jawa Barat

Jurusan langka pertama yang ada di ITS adalah Teknik Transportasi Laut yang merupakan teknologi pengembangan kemaritiman.

Di ITS sendiri, jurusan ini telah difokuskan pada pengembangan hardware seperti kapal, pembangunan bangunan lepas laut, dan sistem kapal.

Oleh karena itulah, ITS membutuhkan bidang studi yang mempelajari managerial dan aspek operasional dari kapal (operasional maritim) secara spesifik.

Selama Indonesia masih sebagai negara kepulauan, maka prospek kerja bagi lulusan teknik transportasi kelautan tentu sangat luas, seperti menjadi seorang konsultan transportasi laut, insinyur kapal, insinyur keperawatan kapal, dan surveyor maritim.

BACA JUGA:5 Kampus Di Pulau Jawa Ini Ternyata Punya Jurusan Biologi Terbaik Versi BAN PT, Nomor 1 Bukan UI, Bisa Tebak?

BACA JUGA:KEREN! 2 PTN dan 1 PTS di Surabaya Ini Masuk Rangking Dunia versi QS WUR 2024, Kampus Mana Saja

Selain itu, lulusannya biasanya bekerja di perusahaan pelayaran, kepelabuhanan, perikanan, minyak dan gas, serta Industri manufaktur yang membutuhkan transportasi untuk pengiriman produknya, bahkan di lembaga-lembaga pemerintahan, salah satunya di kementerian kelautan dan perikanan.

2. Sepuluh Nopember Sains Analitik dan Instrumentasi Kimia

Selanjutnya, yaitu Jurusan Sains Analitik dan Instrumen Kimia. Diketahui, ITS menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki program ini.

Jurusan keilmuan Sains Analitik dan Instrumentasi Kimia ini merupakan perkembangan dari keilmuan Kimia yang berfokus pada pengembangan metode analisis. Analisis tersebut meliputi sistem deteksi, Instrumentasi kimia, data sains, dan pengembangan metodologi yang akan diterapkan pada lingkungan, medis, halal, forensik, dan industri.

BACA JUGA:Selain Banyak Beasiswa! 6 Kampus Swasta Terbaik Ini Punya Lulusan Langsung Kerja, Berminat?

BACA JUGA:Nomor 1 Bukan UGM, Berikut Deretan Kampus dengan Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023

Pada umumnya, analis kimia akan bertugas menganalisis sampel-sampel yang diperoleh dari proses produksi untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Maka, jurusan ini akan memungkinkan lulusannya berkarir menjadi seorang konsultan analis kimia, ahli instrumentasi kimia, analis kimia, konsultan analis kimia, bahkan penulis atau editor ilmiah.

3. Teknik Lepas Pantai

Jurusan langka berikutnya yang ada di ITS adalah Teknik Lepas Pantai. Program teknik satu ini memiliki tujuan untuk mencetak profesional dan akademisi muda yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengembangan perairan marjinal dan laut dalam.

BACA JUGA:KEREN! 2 PTN dan 1 PTS di Surabaya Ini Masuk Rangking Dunia versi QS WUR 2024, Kampus Mana Saja

BACA JUGA:Masih Ada Kesempatan! 3 PTN Terbaik di Indonesia Buka Pendaftaran Jalur Mandiri

Selain itu, Teknik Lepas Pantai di ITS ternyata menyediakan 5 bidang keahlian yang akan mendukung perkembangan teknologi offshore aquaculture di masa depan, diantaranya ada Teknologi Konstruksi Bangunan Lepas Pantai Terpancang, Teknologi Bangunan Lepas Pantai Terapung dan Laut Dalam, Teknologi Dasar Laut dan Pipa Penyalur, Teknologi Material, Produksi, Pengelasan dan Inspeksi Bawah Air, dan Teknologi Digitalisasi dan Robotika Lepas Pantai.

Tak hanya itu, lulusan Teknik Lepas Pantai juga memiliki prospek kerja yang besar dan luas seperti bekerja di perindustrian Minyak dan Gas, Industri Fabrikasi Lepas Pantai dan Pembangunan Kapal, Praktisi/konsultan lepas pantai dan laut dalam terdepan, bahkan menjadi seorang peneliti di berbagai lembaga pemerintah maupun swasta.

4. Teknik Kedokteran

Lalu, ada Teknik Kedokteran yang termasuk sebagai jurusan langka yang tersedia di ITS. Ternyata, Jurusan Teknologi Kedokteran ini merupakan bentuk pengembangan dari Jurusan Teknik Biomedik, lho!

BACA JUGA:5 Keunggulan ITS, Kampus Peringkat Dunia Versi QS World University Rankings 2024

Namun, di jurusan ini yang difokuskan adalah ranah pengaplikasian teknologi yang digunakan dan dikembangkan dalam dunia kedokteran. Sehingga lulusan jurusan ini diharapkan mampu memenuhi tantangan dunia kerja di bidang kedokteran khususnya pengembangan teknologinya.

Oleh karena itu, alumnus Teknik Kedokteran memiliki prospek kerja yang luar biasa, seperti bekerja di rumah sakit, laboratorium, sebagai asisten peneliti, serta peneliti produksi dan pengembangan vaksin.

5. Rekayasa Kecerdasan Artifisial

Di zaman yang semakin maju ini, aktivitas manusia mulai tergantikan dengan sebuah kecerdasan buatan manusia atau yang biasa disebut Artificial Intellegence (AI). Nah, dengan itu, ITS menyediakan peluang kepada para pelajar untuk mempelajari teknologi satu ini.

BACA JUGA:Intip Fasilitas Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Kampus TOP QS WUR 2024

ITS membuka jurusan atau program studi baru, yaitu Rekayasa Kecerdasan Artifisial. Jurusa ini merupakan pengembangan dari Teknik Informatika dan berada di bawah naungan Departemen Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Elektro dan Informatika Cerdas (FT-EIC).

Mahasiswa jurusan Rekayasa Kecerdasan Artifisial akan mempelajari cara mengembangkan sistem peniru kemampuan manusia dalam berpikir, belajar, dan beradaptasi dengan lingkungan.

Selain itu, mahasiswa juga diharapkan dapat mengembangkan keilmuan di bidang komputer, khususnya bidang kecerdasan artifisial, untuk menciptakan karya yang inovatif di bidang industri, pendidikan, kesehatan, dan lainnya.

Prospek kerja untuk jurusan ini bukan main, yaitu menjadi seorang insinyur pembelajaran mesin AI, seorang analis data intelijen, sosial media/data analis, seorang grafis dan visi komputer, progammer atau developer animasi atau game, dan xtended reality programmer/developer.

BACA JUGA:Urutan Kampus Terhits di Indonesia, Memiliki Jurusan Teknik Terbaik versi QS WUR 2024, Cek Kampusmu!

Nah, itulah beberapa jurusan atau program studi di ITS yang dikenal langka di Indonesia karena seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi.

Maka, di masa depan jurusan-jurusan di atas tentu akan sangat dibutuhkan. Nah, jadi kamu berminat di jurusan mana nih?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: