Honda

Waspada! Gunung Dempo Pagaralam Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Waspada! Gunung Dempo Pagaralam Erupsi, Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 2.000 Meter

Erupsi Gunung Dempo Pagaralam-PALPRES.COM-

PAGARALAM, PALPRES.COM - Setelah sempat nihil aktivitas selama beberapa bulan, ternyata terjadi aktivitas Gunung Dempo pada pada Selasa 25 Juli 2023, sekira pukul 21.15 WIB.

Berdasarkan informasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), dilaporkan telah terjadi erupsi di Gunung Dempo yang terletak di Kota Pagaralam Sumatera Selatan, dengan ketinggian debu mencapai kurang lebih 2.000 meter dari atas pucak gunung, bahkan terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 204 detik. 

Bahkan dari laporan petugas Pos Keamanan Gunung Api Dempo, Megian Nugraha, menyampaikan kolom abu bewarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga ke tebal menuju ke arah selatan dan barat daya.

Atas kejadian tersebut, saat ini  masyarakat diminta untuk tetap waspada dan selalu siaga bencana terutama masyarakat yang berada di sekitaran lokasi.

BACA JUGA:Bisa Mempercepat Pertumbuhan Rambut, 4 Jus Ini Baik Untuk Anda Konsumsi

Bahkan para wisatawan atau pengunjung juga diharapkan tidak mendekat atau bermalan di pusat aktivitas kawah, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. 

"Mengingat ada potensi membahayakan, maka kami imbau untuk selalu waspada," ungkap Megian. 

Megian melaporkan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah selatan dan barat daya. 

Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 35 mm dan durasi 204 detik.

BACA JUGA:Katalog Promo Bestie Transmart hingga 3 Agustus 2023, Pakai Allo Bank dan Bank Mega Lebih Hemat!

Mengenai status level saat ini, status Gunung Api Dempo masih level 2 atau waspada. 

Status ini sudah 2 tahun ini diberlakukan mengingat beberapa kali aktivitas Dempo terjadi. 

Ia menambahkan, imbauan seperti yang pernah disampaikannya  dalam tingkat aktivitas waspada (level 2) wisatawan/ pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas mendekati radius dalam radius 1 km dari kawah dan 2 km ke sektor utara.

"Masyarakat jangan terpancing isu-isu hoaks dan selalu berkoordinasi dengan Pusat Volkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (Pos PGA Dempo)," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: