Honda

5 Jalan Tol dan Jalan Raya Terpanjang di Dunia, Nomor 4 Ada di Kanada

5 Jalan Tol dan Jalan Raya Terpanjang di Dunia, Nomor 4 Ada di Kanada

Pan American Highway merupakan jalan tol terpanjang pertama di dunia--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Untuk mempersingkat waktu perjalanan sekaligus menjadi akses ke tempat satu dengan tempat lainnya tentu kita akan menggunakan jalan tol ataupun jalan raya.

Jalan Tol atau Teks On Location ini yang artinya jalan yang dikenakan pajak, jadi ketika kita melewati jalan tersebut kita akan dikenakan sebuah tarif di tempat.

Meskipun berbayar namun keberadaan jalan tol ini terbilang ampuh untuk mengatasi ataupun menghindari terjadinya kemacetan serta mempersingkat waktu perjalanan.

Selain itu keberadaan jalan tol juga meningkatkan roda perekonomian dari sektor industri pertanian serta barang modal alasan inilah yang membuat negara-negara besar seperti Amerika Rusia Australia China dan Kanada berbondong-bondong membangun jalan tol dengan panjang yang fantastis.

BACA JUGA:Perseteruan Saipul Jamil dan Dewi Perssik Kian Panas, Saling Sindir di Medsos

Kali ini kita akan membahas jalan tol terpanjang di dunia, berikut 5 daftar jalan tol terpanjang di dunia seperti dilansir dari chanel you tube Official UTV.

1. Pan American Highway

Di urutan pertama ada Amerika Hawai jalan tol ini adalah Jalan Raya atau tol terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 48.000 km.

Jalannya meliputi seluruh sistem jalan raya antar negara bagian Amerika Serikat Hawaii terdiri dari jalan raya interkoneksi yang menghubungkan lebih dari 20 negara di Amerika, kecuali celah 100 KM di tengah jalan yang terletak antara Panama dan Kolombia yang dikenal sebagai darrian cat.

BACA JUGA:Inilah 7 Batu Akik Paling Dicari Kolektor di Dunia, Nomor 1 Harganya Miliaran

Proyek jalan raya ini digagas pada tahun 1923 dan membentang dari Guinness Aires di Amerika Selatan hingga atlanten di Amerika Utara, bagian pertama dari jalan raya ini diselesaikan oleh Meksiko pada tahun 1950 namun Meksiko hanya membangun dan membiayai bagian-bagian jalan raya yang melintasi negara itu.

Bagian pertama dari jalan raya ini diselesaikan oleh Meksiko pada tahun 1950 namun Meksiko hanya membangun dan membiayai bagian-bagian jalan raya yang melintasi negara itu, Sedangkan untuk bagian-bagian yang melintasi Negara Amerika Tengah yang lebih kecil dibangun dengan bantuan dari Amerika Serikat

2. Hawai 1 Australia 

HIV one di Australia adalah Jalan Raya terpanjang kedua di dunia, yaitu mencakup 14.500 KM terdiri dari jalan raya yang saling berhubungan, Jalan Raya 1 Australia ini diresmikan sebagai Jalan Raya nasional pada tahun 1955.

BACA JUGA:Kegiatan Susur dan Bersih-bersih Sungai Digelar di Ciliwung, Ini Tujuannya

Hawai 1 Australia ini terdiri dari Jalan tunggal dan jalan banyak rutenya menyentuh semua negara bagian yang ada di Australia kecuali Brisbane dan Darwin yang tidak terhubung langsung

Rute asli ini yang diusulkan pada tahun 1955 dan disesuaikan kembali pada tahun 1959, 1974 dan 1998 jalan raya ini bisa mengangkut lebih dari satu juta orang per harinya. 

3. Transiberian Highway 

Jalan Raya Trans Siberia menjadi jalan tol atau jalan raya ketiga terpanjang di dunia selanjutnya dengan 11.000 km, jalan raya ini terdiri dari 7 Jalan Raya federal di sepanjang bentangan yang bertepatan dengan rute Eropa E 30 dan melewati Kazakhstan, bagian terpanjang dari seluruh jalan raya ini adalah rute Rusia M 58 atau Jalan Raya Amur sebuah Jalan Raya federal di Rusia yang membentang 2.100 km dari Cita ke kabarov.

BACA JUGA:Selain Irit, Motor Trail Jadul Ini Mesinnya Mirip Supra X 125, Juga Punya Fitur Canggih

4. Trans Kanada Highway

Trans Kanada Highway adalah jalan dengan panjang keseluruhan saat ini sekitar 7.821 km, adalah jalan raya terpanjang keempat di dunia pembangunan jalan raya ini dimulai pada tahun 1950-an dan peresmiannya diadakan di tahun 1962.

Namun pengaspalan dan pekerjaan konstruksi lainnya berlanjut hingga tahun 1971 jalan raya ini membentang ke timur barat dari Victoria di British Columbia ke Kota Senjun di New foundland dan labredoor,  jalan ini melewati 10 provinsi Kanada yang menghubungkan semua kota besar di negara ini.

5. Golden Quadrillateral Highway Network India

Jalan tol ini adalah jalan raya yang menghubungkan 4 kota metropolitan di India yaitu Delhi Mumbai Chennai dan Kolkata, jalan tol ini, selesai dibuat pada Januari 2012 kemarin pekerjaan perencanaan jalan tol ini sepanjang 5.846 KM dan selesai pada tahun 1999 dan konstruksi dimulai pada tahun 2001.

BACA JUGA:Heboh! Bocoran Honda CBR 250 RR-R Ramai di Media Sosial, Bener Gak Sih?

Proyek Jalan Raya terbesar di India ini disebut dengan proyek Golden quadrillateral atau segi empat emas yang diluncurkan pada tahun 2001 proyek ini juga bagian dari proyek pembangunan jalan raya nasional atau NHDP.

Itu dia tadi 5 daftar jalan tol terpanjang di dunia. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: