Honda

6 Jenis Batu Akik Paling Mahal dan Diburu di Indonesia, Nomor 6 Ada di Sumsel

6 Jenis Batu Akik Paling Mahal dan Diburu di Indonesia, Nomor 6 Ada di Sumsel

Kalimaya merupakan salah satu jenis batu akik paling mahal dan diburu di Indonesia--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Salam satu hobi, kali ini kita akan membahas 6 batu akik termahal versi Indonesia ya yang tentu saja versi Rajo Chalcedony.

1. Batu Akik Bacan

Batu Bacan sering disebut juga dengan istilah batu gioknya Indonesia, batu ini merupakan batu paling banyak diminati terutama saat trend batu akik sedang populer, batu ini memiliki nama ilmiah chrysocola.

Jenis batu bacan termahal sangat diminati para pecinta batu akik, nama bacan diambil dari nama pulau tempat dimana batu tersebut diperjual belikan, yaitu pulau Bacan yang terletak di Kabupaten Halmahera Selatan provinsi Maluku Utara.

Dulu batu ini merupakan batu perhiasan penting pada masa Kesultanan Bacan Jailolo Tidore dan Ternate, batu bacan termahal bisa dihargai hingga puluhan juta rupiah, jenis batu bacan termahal ini dipatok berdasar kualitas tingkat kristal dan juga warna keunikannya.

Biasanya batu bacan dihargai mulai dari harga 150.000 sampai ada yang terjual hingga ratusan juta rupiah. 

2. Batu Akik Kalimaya

Batu akik Kalimaya merupakan batu mulia yang hanya ditemukan di wilayah Banten khususnya di dua kecamatan yang ada di wilayah Lebak, yakni Kecamatan Maja dan Sajira sekitar 2 km dari Rangkasbitung.

Batu ini memiliki kelebihan karena dalam satu kalimaya kita dapat menyaksikan indahnya merah delima Zamrud, Topas, Kecubung dan semua warna cemerlang dari batu permata lain, untuk harga kalimaya sendiri dibanderol dengan harga 150.000 sampai 25 juta rupiah harga ini Dinilai dari tingkat jarong pada batu tersebut semakin banyak jarumnya maka akan semakin mahal 

3. Red Raflesia  

Red Raflesia red Rafflesia atau disebut juga cempaka merah, batu akik dari Bengkulu ini semakin digemari sehingga harganya pun semakin tinggi, bahkan dalam beberapa bulan terakhir ini bahan batu akik renaflesia ini semakin sulit ditemui.

Batu akik Rafflesia ini memiliki beberapa bagian warna diantaranya berwarna kuning orange dan putih, tetapi biasanya batu akik Rafflesia berwarna merah yang paling dicari dan kini mulai langka bahkan disebut-sebut batu akik red applesia kini mulai menyaingi batu akik bacan.

Salah satu keunikan dari Rafflesia adalah bisa memunculkan giwang petai, tapi itu tergantung juga dari skil penggosok memilih serat dari bongkahannya.

Batu akik raflesia juga memiliki warna merah transparan dari jenisnya Red Raflesia memiliki beberapa warna seperti merah kecoklatan merah atau merah orange menurut penelitian laboratorium batu akik Rafflesia termasuk jenis batuan mulia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: