Honda

Gelar Tes Samjas Seleksi Calon Praja IPDN, Ini Harapan Polda Sumsel

Gelar Tes Samjas Seleksi Calon Praja IPDN, Ini Harapan Polda Sumsel

Peserta seleksi penerimaan calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 2023, saat melakukan Tes Kesamaptaan Jasmani (Samjas) di Lapangan Komplek Paakri Palembang pada Senin 31 Juli 2023. -Humas Polda Sumsel-

PALEMBANG, PALPRES.COM - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan tes Kesamaptaan Jasmani (Samjas) seleksi penerimaan calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) 2023. 

Pelaksanaan tes berlangsung di Lapangan Komplek Paakri Palembang pada Senin 31 Juli 2023.  

Karo SDM Polda Sumsel, Kombes Pol Sudrajad Hariwibowo SIK M Si melalui Kabag Watpers, AKBP Fachruddin Jaya SIK menerangkan bahwa Tes Samjas merupakan satu dari sekian banyak tes yang harus para peserta tempuh sebelum dinyatakan lulus menjadi Praja IPDN.

"Dalam tes pada Senin 31 Juli 2023 itu, dari data kita ada sekitar 31 peserta terdiri dari 22 Laki-laki dan 9 perempuan yang ikut dalam kegiatan tersebut," ujarnya, Selasa 1 Agustus 2023.   

BACA JUGA:Jelang Laga Melawan Brunei Darussalam, Timnas Indonesia Siapkan 11 Pemain yang Bermain di Luar Negeri

Adapun tes Samjas tersebut terdiri dari Samapta A yakni Lari 12 Menit dan Samapta B yang terdiri Pull Up, Sit Up, Push Up, dan Shuttle Run, yang dilanjutkan dengan tes pemeriksaan penampilan. 

Ia menjelaskan, jika pelaksanaan tes tersebut merupakan tindak lanjut kerja sama antara Mabes Polri dengan Kemendagri

AKBP Fachruddin menambahkan, ada beberapa tes yang terlaksana dalam seleksi penerimaan Praja IPDN ini.

“Dalam seleksi penerimaan Praja IPDN ini kita menjadi Panitia dalam uji Pemeriksaan Kesehatan tahap 1 dan 2, tes Psikologi, Integritas, Kejujuran serta tes kesehatan jasmani dan pemeriksaan penampilan,” tambah Alumni Akpol 98.

BACA JUGA:Soal Isu Maju Pilgub Sumsel, H SN Prana Putra Sohe: Saya Fokus Nyalon DPR RI dan Sedang Ngukur Baju di Badan

AKBP Fachruddin berharap para peserta yang mengikuti tes dapat melewati tahap-tahap seleksi yang terlaksana. 

“Saya harapkan kepada seluruh peserta yang mengikuti tes untuk tetap serius, serta tanamkan rasa optimisme agar pada akhirnya membuahkan hasil yang baik dan maksimal,” harapnya. 

Lanjut ia mengatakan, jika pelaksanaan tes dilaksanakan dengan prinsip BETAH.

“Pelaksanaan tes seleksi penerimaan calon Praja IPDN harus melakukannya dengan prinsip BETAH, yakni Bersih, Transparan Akuntabel dan Humanis,” tutupnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: huimas polda sumsel