Honda

Bukan Suramadu, Jembatan Terpanjang di Indonesia Rupanya Berada Disini, Bisa Buka Tutup?

Bukan Suramadu, Jembatan Terpanjang di Indonesia Rupanya Berada Disini, Bisa Buka Tutup?

Ilustrasi jembatan terpanjang di Indonesia-Net-

PALPRES.COM - Bukan penghubung Pulau Surabaya dan Madura, yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

Panjang Jembatan Suramadu ternyata kalah jika dibandingkan dengan Jambatan Martadipura yang memiliki panjang 15.300 meter.

Pembangunannya juga menggunakan anggaran yang fantastis, karena menghabiskan dana sekitar Rp300 miliar dan telah diresmikan tahun 2006 silam.

Jembatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat di Kalimantan Timur, terutama lokasi jembatan terpanjang ini berada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

BACA JUGA:Ingin Tanaman Hiasmu Tumbuh Sempurna? Berikut Tipsnya

Bukan hanya menjadi ikon dari Kalimantan Timur saja, jembatan ini bisa menghubungkan 5 kecamatan yang dulunya harus diseberangi dengan menggunakan Kapal Ferry.

Masyarakat disana juga bisa menjadikan jembatan ini sebagai destinasi wisata di Kutai Kartanegara lantaran kecantikannya.

Akan tetapi, ada beberapa masalah yang kerapkali menimpa jembatan ini, sehingga membuat masyarakat sekitar menjadi khawatir.

Informasinya, Jembatan Martadipura ini telah beberapa kali ditabrak oleh kapal yang membawa truk bermuatan.

BACA JUGA:CAIR LAGI! KPM Wilayah Ini Terima Bansos BPNT Rp400.000

Tabrakan ini membuat kontruksi jembatan penghubung 5 kecamatan ini menjadi sedikit bergeser.

Pemerintah setempatpun beberapa kali melakukan renovasi, akan tetapi peristiwa yang sama pada kenyataannya tidak dapat dihindarkan.

Pengamanan 24 jam pun pernah dilakukan guna memperhatikan pelayaran di Sungai Mahakam yang berada tepat di bawah jembatan.

Sayangnya, hal ini akan berbeda bila jembatan Martadipura dapat menggunakan sistem Bascule yang dapat membuka jembatan secara otomatis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: