Honda

Cegah Pernikahan Dini dan Kekerasan pada Anak, Ini yang Dilakukan Pemkab Muba

Cegah Pernikahan Dini dan Kekerasan pada Anak, Ini yang Dilakukan Pemkab Muba

Pj Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi saat memberikan sambutan, pada pembukaan Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Anak dan Kekerasan terhadap Anak di Aula SMA Negeri 1 Sekayu, Senin 7 Agustus 2023.-Dinkominfo Muba-

SEKAYU, PALPRES.COM - Persoalan pernikahan anak usia dini dan kekerasan terhadap anak, masih kerap sering terjadi. 

Tak ingin kondisi ini terus terjadi, Pemkab Muba melalui Dinas Perlindungan Pemberdayaan Perempuan dan Anak (DPPPA), terus bergerak untuk memberikan sosialisasi dan pencegahan di Bumi Serasan Sekate.

Dalam kesempatan kegiatan Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Anak dan Kekerasan terhadap Anak di Aula SMA Negeri 1 Sekayu, Senin 7 Agustus 2023, Pj Ketua TP PKK Muba Hj Asna Aini Apriyadi mengatakan, salah satu faktor terjadinya pernikahan usia dini dikarenakan masih minimnya pengetahuan masyarakat tentang bahayanya pernikahan jika dilakukan terlalu dini. 

"Oleh sebab itu, diadakannya sosialisasi ini untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada anak-anak tentang pencegahan perkawinan anak dan kekerasan terhadap anak," ujarnya. 

BACA JUGA:9 Juta Lebih Pemilik BPJS KIS Bisa Dapat Bansos Rp600.000 Agustus Ini, Simak Caranya!

Menurut Asna, tugas dalam pencegahan pernikahan anak dan  kekerasan anak ini juga merupakan tugas bersama kaum pria khususnya kalangan bapak-bapak. 

"Kita harus satu persepsi bahwa tugas untuk mencegah pernikahan anak usia dini adalah tugas kita bersama, bukan hanya tugas kalangan ibu-ibu. 

Untuk itu, dengan adanya keharmonisan dalam keluarga, akan meminimalisasi terjadinya kekerasan dalam rumah tangga dan pernikahannya,” tuturnya.

Sementara, dalam sambutannya, Pj Bupati Muba H Apriyadi, melalui Asisten Administrasi Umum Setda Muba Drs Safaruddin MSi mengatakan, upaya pencegahan pernikahan usia dini dan KDRT menjadi tugas bersama dan konsen Pemkab Muba untuk terus meminimalisirnya.

BACA JUGA:Segera Pelihara Burung Perkutut Jenis Ini, Tuahnya Beri Keuntungan Besar Bagi Pemiliknya

"Pernikahan anak usia dini banyak memberikan dampak yang tidak baik terutama bagi kesehatan. 

Apalagi kalau anak perempuan itu akan mengandung, ini akan sangat berisiko bagi kesehatan ibu dan janin," tandasnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: dinkominfo muba