Honda

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Pecinta Olahraga, Ada di Kampus QS WUR 2024, Berminat?

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Pecinta Olahraga, Ada di Kampus QS WUR 2024, Berminat?

Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Pecinta Olahraga, Ada di Kampus QS WUR 2024, Berminat?--Sumber: Freepik

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk para pecinta olahraga yang disediakan oleh kampus-kampus terbaik versi QS WUR 2024.

Biasanya, olahraga selalu berkaitan dengan sepak bola, tetapi tak hanya sepak bola yang menjadi cabang olahraga yang banyak disorot.

Nah, meskipun demikian, apabila kamu tertarik dengan bidang olahraga, kamu perlu mengetahui beberapa hal yang ada di dalam setiap pertandingan olahraga.

Olahraga melibatkan lebih dari sekadar bermain dan berkompetisi, melainkan juga terkait dengan aspek kesehatan, hiburan, dan bahkan aspek bisnis.

BACA JUGA:Jurusan Kuliah Berdasarkan Zodiak, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Kamu Termasuk Jurusan Apa?

Ditambah lagi untuk menyelenggarakan suatu event olahraga seperti olipiade atau kompetisi internasional lainnya sangat diperlukan banyak komponen selain kesiapan pemain.

Jadi, bagi kamu yang memiliki passion di bidang olahraga, kamu dapat menimbang beberapa jurusan olahraga berikut ini yang bisa dijadikan referensi.

1. Pendidikan Kepelatihan Olahraga

Ingin menjadi pelatih yang terkenal? Langkah pertama, kamu bisa berkuliah di jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

BACA JUGA:5 Perguruan Tinggi Negeri dengan Fasilitas Terbaik Indonesia versi QS WUR 2024, Siapa Jawaranya?

Dengan memilih jurusan ini, kamu akan memiliki tujuan yang jelas, yaitu menjadi seorang guru atau pelatih bola yang profesional.

Dalam jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga ini kamu ada beberapa pembelajaran mengenai konsep-konsep pendidikan, penyusunan strategi kepelatihan, mengadakan kompetisi atau pertandingan dan mengetahui aturan dalam pertandingan olahraga.

Beberapa rekomendasi kampus QS WUR 2024 yang menyediakan jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga adalah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Sebelas Maret (UNS).

2. Psikologi Klinis

BACA JUGA:10 Jurusan Kuliah dengan Pertumbuhan Mahasiswa Terbesar di Kampus QS WUR 2024 Indonesia, Ada Kampusmu?

Psikologi klinis adalah salah satu bidang ilmu psikologi yang berfokus pada penanganan kesulitan maupun rintangan emosi yang dialami manusia dengan beberapa menyembuhkannya.

Namun, apa kaitannya jurusan psikologi klinis dengan bidang olahraga?

Saat atlet-atlet merasa tidak percaya diri atau tegang sebelum pertandingan, ada psikolog klinis yang siaga membantu memulihkan semangat mereka.

Sayangnya, agar dapat bekerja di klub, umumnya kamu perlu memiliki gelar yang lebih tinggi daripada S1 serta pengalaman praktis sebelumnya.

BACA JUGA:Selain Kedokteran, Berikut 9 Jurusan Kuliah Kesehatan di Kampus QS WUR 2024, Berminat?

Untuk mendapatkan pengetahuan mengenai psikologi klinis, kamu harus menemouh psndidikan di jurusan kuliah psikologi.

Jurusan tersebut ada di beberapa kampus terbaik versi QS WUR 2024, diantaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Malang (UM), Universitas Airlangga (UNAIR), dan UPI.

3. Jurnalistik

Apakah kamu ingin bertemu dengan para atlet terkenal dan meliput pertandingan internasional?

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Paling Aneh di Dunia, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024?

Untuk itu, kamu bisa berkarir di perusahaan media yang berfokus di bidang olahraga sebagai jurnalis yang meliput banyak event olahraga.

Setiap acara atau kompetisi olahraga memerlukan keterlibatan media agar dapat dikenal oleh banyak orang dan menarik penonton yang lebih banyak.

Dengan bergabung dalam program studi Jurnalistik, kamu akan mempelajari keterampilan melakukan liputan, mewawancarai narasumber, mengedit berita, serta menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

Jika ingin kuliah di jurusan ini, kamu harus menjadi bagian dari jurusan Jurnalistik yang ada di beberapa kampus QS WUR 2024, diantaranya ada UI dan Universitas Padjadjaran (UNPAD).

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Terbaik QS WUR 2024 Sepi Peminat Tapi Prospek Kerja Menjanjikan, Minat?

4. Fisioterapi

Ketika atlet harus menjalani aktivitas fisik yang intens setiap hari, mereka memerlukan bantuan fisioterapis untuk mengawasi kondisi otot mereka.

Fisioterapi merupakan bidang studi yang mempelajari tentang pergerakan tubuh manusia yang melibatkan aspek seperti struktur otot, sendi, dan tulang.

Fokus utama fisioterapi adalah untuk mengembalikan kemampuan gerak otot dan sendi manusia yang terganggu karena masalah kesehatan.

BACA JUGA: 7 Jurusan Kuliah dengan Biaya UKT dan Iuran Termurah di PTN Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024

Peran fisioterapis menjadi penting dalam merawat atlet yang mengalami cedera, baik yang bersifat fisik maupun psikologis, dan membantu mereka pulih secara fisik.

Kampus QS WUR 2024 yang menyediakan jurusan Fisioterapi adalah UI dan UNAIR.

5. Hubungan Masyarakat atau PR

Dalam menjaga reputasi dan daya tarik suatu organisasi, termasuk klub olahraga, peranan dari Humas atau PR sangat diperlukan.

BACA JUGA:4 Mitos yang Ada di UGM Kampus Terbaik QS WUR 2024, Jangan Coba Foto di-Spot Ini Kalau Gak Mau Sulit Lulus

Terlebih lagi, acara olahraga seringkali menjadi hiburan yang sangat dinantikan oleh banyak orang.

Ini adalah saat dimana profesional Humas atau PR memiliki peran penting dalam menjaga hubungan positif antara atlet atau tim dengan penggemar, sponsor, dan media.

Beberaoa kampus QS WUR 2024 dengan jurusan Fisioterapi yakni UNPAD, UI, Telkom University, dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

6. Manajemen Bisnis

BACA JUGA:4 Jurusan Kuliah Kampusnya Youtuber Indonesia, Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Minat

Klub olahraga, misalnya dalam sepakbola, beroperasi mirip dengan bisnis konvensional. Mereka perlu mencari sponsor, melakukan iklan, serta menjual produk-produk sebagai sumber pendapatan tambahan.

Oleh karena itu, kehadiran para profesional yang menguasai pengetahuan di bidang manajemen bisnis sangat penting dalam merancang berbagai aspek komersial, termasuk urusan sponsorship.

Berikut beberapa kampus QS WUR 2024 yang menyediakan jurusan Manajemen Bisnis diantaranya ada UGM, UI, UNDIP, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB) dan Binus University.

7. Ilmu Gizi

BACA JUGA:4 Jurusan Sains dan Teknologi Ini Terkenal Sulit, Tersedia di Kampus QS WUR 2024, Yakin Kuat Sampai Tamat?

Kebutuhan pola makan dan nutrisi bagi atlet cukup berbeda dari kita, karena atlet mengikuti pola makan dan diet khusus agar mereka tetap dalam kondisi fisik dan mental yang optimal untuk bertanding.

Makanya, dalam Ilmu Gizi, kamu akan mempelajari cara makanan berpengaruh terhadap kesehatan.

Pengetahuanmu tentang jenis nutrisi yang diperlukan oleh tubuh serta porsinya akan sangat berarti bagi para atlet.

Terutama mengingat setiap cabang olahraga memiliki kriteria tubuh yang berbeda yang harus dipenuhi oleh para atletnya.

BACA JUGA:Jurusan Kuliah Teknik dengan Gaji Hingga 2 Digit, Tersedia di PTN Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024

Kampus QS WUR 2024 dengan jurusan Ilmu Gizi diantaranya ada UI, UGM, UNAIR, UNDIP, dan Institut Pertanian Bogor (IPB).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: