Honda

Sedekah Menjadi Lebih Berkah, Jangan Lupa Baca Doa Ini

Sedekah Menjadi Lebih Berkah, Jangan Lupa Baca Doa Ini

Ilustrasi bersedekah agar menjadi lebih berkah-Net-

PALPRES.COM - Bagi umat Islam dapat melakukan amalan bersedekah kepada orang-orang yang membutuhkan.

Sesama muslim juga sebaiknya saling tolong menolong.

Namun, jangan lupa membaca niat doa dan sedekah agar menjadi berkah dan mendapatkan pahala.

Pasalnya, dalam ajaran Islam, membaca niat dan doa melakukan sesuatu akan menambah keberkahan, salah satunya ketika mengerjakan amalan ibadah bersedekah.

BACA JUGA:Kisah Asiyah binti Muzahim, Istri Kesayangan Fir'aun yang Melindungi Nabi Musa

Sedekah merupakan amalan penghapus dosa serta mendatangkan pahala.

Amalan ini tidak melulu soal memberikan harta, sedekah yang dimaksud berupa sedekah tenaga, pikiran dan membagikan ilmu dan sebagainya.

Ketika hendak menolong orang lain juga bentuk dari sedekah.

Sedekah berasal dari bahasa Arab yang artinya suatu pemberian yang diberikan kepada orang secara ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

BACA JUGA:Pertama di Indonesia! Prodi Jurnalistik UIN Raden Fatah Raih Akreditasi Unggul, Apa Keunggulannya?

Dalam QS. Yusuf ayat 88 dijelaskan manfaat bersedekah,

فَلَمَّا دَخَلُوا۟ عَلَيْهِ قَالُوا۟ يَٰٓأَيُّهَا ٱلْعَزِيزُ مَسَّنَا وَأَهْلَنَا ٱلضُّرُّ وَجِئْنَا بِبِضَٰعَةٍ مُّزْجَىٰةٍ فَأَوْفِ لَنَا ٱلْكَيْلَ وَتَصَدَّقْ عَلَيْنَآ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ يَجْزِى ٱلْمُتَصَدِّقِينَ

Artinya: Maka ketika mereka masuk ke (tempat) Yusuf, mereka berkata: 'Hai Al Aziz, kami dan keluarga kami telah ditimpa kesengsaraan dan kami datang membawa barang-barang yang tak berharga, maka sempurnakanlah sukatan untuk kami dan bersedekahlah kepada kami, sesungguhnya Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bersedekah. (QS.Yusuf: 88).

Jadi, keutamaan dari bersedekah adalah tidak mengurangi harta yang dimiliki, meskipun diberikan kepada orang lain yang membutuhkan, Allah menjanjikan akan memberikan gantinya.

BACA JUGA:Motor Murah Yamaha Terbaru, Bensin Full Tank Bisa Menempuh 305 KM, Irit Kan?

Harta yang dibagikan akan diganti dan diberkahi oleh Allah SWT.

Sedekah tidak akan mengurangi jumlah harta tetapi justru menjadikan amalan yang baik jika ingin mendapatkan rezeki yang berkah dari Allah.

Berikut ini bacaan dan niat sebelum bersedekah agar semakin berkah dan mendapatkan pahala.

Nawaitut taqoruba illallahi ta'ala wattiqoaa ghadlabir rabbi jalla jalaluhu wattiqoa nari jahannama wattarakhkuma 'ala ikhwani wa shilatur rahimi wa mu'awannatadh dlu'afai wa mutaba'atan nabiyyi shallallahu 'alaihi wa sallama wa idkholas sururi 'alal ikhwani wa daf'il balai 'anhu wa'an sairil muslimina wal ingaqo mimma razaqohullahu wa qohran nafsi wasy syaithoni.

BACA JUGA:Cara Mudah Dapat Saldo GoPay Gratis, Tanpa Modal Cuan Langsung Cair

Artinya: 'Aku niat (bersedekah) untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahanam, sebelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturrahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi SAW, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah dan untuk mengalahkan nafsu dan setan'.

Demikian bacaan niat yang dapat dibaca agar sedekah yang telah dikeluarkan menjadi berkah dan mendapat ganti pahala dari Allah. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: