Honda

CEK SALDO! Bansos PKH dan BPNT Cair di Tanggal Ini, Pastikan Kamu Sebagai Penerima

CEK SALDO! Bansos PKH dan BPNT Cair di Tanggal Ini, Pastikan Kamu Sebagai Penerima

Bansos PKH dan BPNT cair di Tanggat Ini, pastikan kamu sebagai penerima.--

PALEMBANG, PALPRES.COM - Cek saldo! Bansos PKH dan BPNT cair di tanggal ini, pastikan kamu sebagai penerima.

Kabar tentang kepastian pencairan Bansos PKH Tahap 3 dan BPNT periode Juli-Agustus 2023 sudah dinanti-nanti Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejak lama.

Mereka bahkan rela bolak balik mesin ATM untuk mengecek apakah sudah ada saldo Bansos dari pemerintah yang masuk. 

Hal tersebut harusnya tidak bisa dilakukan terlalu sering.

BACA JUGA:Dijamin Ada Saldonya, Bansos PKH dan BPNT Cair lewat Kartu KKS di Tanggal Ini

Sebab, bisa menyebabkan kerusakan pada Kartu KKS Merah Putih yang digunakan sebagai kartu ATM. 

Selain itu, biaya cek saldo juga bakal meningkat.

Tentunya ini akan membebani KPM. 

Ada waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan saldo bantuan PKH dan BPNT, dijamin ada saldonya. 

BACA JUGA:Cair Langsung 3 Bulan! KPM Siap Terima Bansos PKH dan BPNT, Cek Syaratnya di Sini

Namun sebelum itu, perlu diingatkan kembali jika bantuan PKH dan BPNT merupakan bantuan regular, yang disalurkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

PKH disalurkan kepada 10 juta KPM yang datanya masuk DTKS, sedangkan BPNT disalurkan kepada 18,8 juta KPM dengan nominal Rp200.000 perbulan atau Rp2.400.000 per tahunnya. 

Proses penyalurannya juga melibatkan dua Lembaga penyalura yaitu PT Pos Indonesia dan Bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BSI).

Nah, agar KPM tidak bolak balik cek saldo Bantuan di ATM, KPM perlu mengetahui waktu yang tepat dan dijamin ada saldonya saat proses penarikan. 

BACA JUGA:Persiapkan KKS dan KTP, 2 Bansos Cair 3 Bulan Sekaligus, Status KPM Sudah SPM

Dilansir dari channel Youtube @Pendamping Sosial, caranya adalah, pada saat KPM mengecek nama di link cekbansos.kemensos.go.id dan periodenya masih Mei-Juni artinya masih dalam tahap sebelumnya.  

Jadi apabila dicek dan keteranganya masih ditahap sebelumnya, maka jangan dulu mengecek ke mesin ATM. 

Meskipun memang, untuk update data di website cekbansos ini memang lebih lambat dibandingkan di aplikasi cek bansos yang bisa di download di playstore. Namun tingkat akurasinya sama-sama akurat.

Untuk meminimalisir kartu tidak cepet rusak, dan kerugian saat dikenakan biaya pengecekkan, disarankan untuk lebih baik tunggu informasi dari pendamping sosial, atau dari aparat desa/keluarga dimana KPM tinggal, atau kepada ketua kelompok.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! Bansos Beras Bulog 30 Kg Bakal Segera Disalurkan ke KPM, Buruan Cek Penerima, Kamu Termasuk?

Jika wilayah anda minim infomasi karena lokasi yang jauh, atau pendamping sosialnya kosong, maka waktu yang sangat tepat untuk mengeceknya dengan memantau aplikasi cek bansos atau website, dan cek nama KPM. 

Apabila keterangannya sudah berubah menjadi periode Juli-Agustus biarkan dahulu selama 1-2 minggu ke depan, barulah cek ke mesin ATM.

Karena prosesnya memang memakan waktu hingga 2 minggu sebelum saldo masuk ke ATM.

Jangan takut saldo akan kembali ke Kas negara apabila bantuan tidak cepat diambil, asalkan jangan melewati satu tahap pencairan, bantuan ini harus segera ditransaksikan.

Sementara itu, jika melihat update terbaru pencairan bantuan dari para pendamping sosial yang bisa mengakses akun SIKS-NG, saat ini sudah ada perubahan status menjadi ‘Sudah SPM’.

Artinya KPM masih harus menunggu beberapa hari ke depan sebelum diterbitkan SP2D dan nama-nama penerima bantuan PKH dan BPNT keluar, Sehingga proses top up/transferring bisa digulirkan. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: