Honda

9 Amalan yang Perlu Dilakukan pada Hari Jumat, yuk Diamalkan!

9 Amalan yang Perlu Dilakukan pada Hari Jumat, yuk Diamalkan!

9 amalan yang perlu dilaksanakan pada hari jumat--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Kaum muslimin di manapun anda berada, pada konten kali ini kita akan membahas 9 amalan pada hari jumat yang di sunnahkan Rasulullah SAW untuk kita laksanakan.

Sebab Allah SWT pun menjadikan hari jumat sebagai hari yang penuh keberkahan dan perintah shalat Jumat menunjukkan luar biasanya hari Jumat.

Agar sahabat semakin mendalami amalan-amalan hari Jumat, yuk simak ulasan artikel berikut ini: 

1. Mandi sebelum shalat jumat

BACA JUGA:Nu'aiman Bin Amru, Sahabat yang Masuk Surga Sambil Tertawa 

Mandi sebelum melaksanakan sahalt jumat merupakan amalan yang dianjurkan Rasulullaah, hal ini menjadi ciri khas dari Rasulullah yang selalu menjaga kebersihan, sehingga, alangkah baiknya kita mencontoh amalan dari Rasulullah tersebut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ‘’Jika salah seorang di antara kalian menghadiri shalat Jumat, maka hendaklah ia mandi’’ (HR. Bukhari)

2. Menggunakan pakaian sewajarnya 

“Wahai anak cucu Adam! Pakailah pakaianmu yang bagus di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebih-lebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.” (QS. Al-Araf:31).

BACA JUGA:Hasil Semifinal Piala AFF U-23: Menang 3-1, Indonesia Melangkah ke Final Usai Bungkam Thailand

Selain Rasulullah mengajarkan amalan untuk membersihkan diri dengan mandi, bersiwak, dan menggunakan wangi-wangian, Rasul juga senantiasa menggunakan pakaian yang sewajarnya dan tidak berlebihan. Hal ini selaras dengan Surah Al-Araf ayat 31 yang menegaskan juga bahwa Allah SWT menyukai hamba-Nya yang tidak berlebih-lebihan. 

2. Memakai wewangian 

Kemudian amalan hari jumat yang dilakukan oleh Rasulullah adalah memakai minyak wangi dan siwak, serta menjaga kebersihannya saat hendak shalat Jumat, hal ini perlu dijadikan catatan agar kita senantiasa memakai parfum yang sewajarnya dan tidak berlebihan. 

“Hari ini (Jumat) adalah hari raya yang dijadikan Allah SWT untuk umat Islam. Bagi siapa yang ingin melaksanakan shalat Jumat, hendaklah mandi, memakai wangi-wangian kalau ada, dan menggosok gigi (siwak),’’ (HR. Ibnu Majah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: