Honda

11 Kampus Miliki Rumah Sakit, Pelayanan Terbaik Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Ada Kampus Swasta?

11 Kampus Miliki Rumah Sakit, Pelayanan Terbaik Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Ada Kampus Swasta?

11 Kampus Miliki Rumah Sakit, Pelayanan Terbaik Ada di Kampus TOP QS WUR 2024, Ada Kampus Swasta?--Sumber: Universitas Indonesia

PALEMBANG, PALPRES.COM — Ada beberapa kampus di Indonesia miliki rumah sakit, diantaranya ada kampus QS WUR 2024, bahkan ada kampus swasta, lho!

Beberapa kampus tersebut memang memiliki jurusan kedokteran, maka dari itu rumah sakit yang disediakan juga berguna sebagai sarana penunjang Pendidikan.

Namun, selain itu, Rumah sakit dapat menjadi tempat berobat bagi masyarakat sekitar memiliki fasilitas serta pelayanan kesehatan yang lengkap, seperti rumah sakit pada umumnya.

Tak hanya itu, ternyata Permenkes Nomor 35 Tahun 2019 tentang Wahana Pendidikan Bidang Kesehatan juga mengindikasikan bahwa rumah sakit pendidikan memiliki peran dalam penelitian sebagai bukti perkembangan penemuan penelitian terbaru.

BACA JUGA:5 Jurusan Idaman Bank Indonesia Tersedia di Kampus QS WUR 2024, Mau Tau?

Upaya tersebut tentu dapat membantu meningkatkan kualitas fasilitas medis serta memberikan perawatan terbaru dengan teknologi tercanggih.

Nah, apa saja universitas yang memiliki rumah sakit sendiri, ya? Dilansir dari berbagai sumber, berikut deretan rumah sakit.

1. Rumah Sakit Universitas Indonesia

Berada di Kota Depok, Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) ialah sebuah fasilitas medis tipe B dan juga RS Perguruan Tinggi Negeri (RS-PTN) yang berada di bawah naungan Universitas Indonesia.

BACA JUGA:6 Kampus QS WUR 2024 dengan Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia, Berapa Kisaran Biayanya?

Selain itu, RSUI.juga menerima pasien yang memiliki jaminan dari BPJS Ketenagakerjaan, serta berbagai jenis asuransi dan perlindungan yang diberikan oleh perusahaan.

RSUI memiliki berbagai layanan spesialistik dan subspesialistik dengan tenaga kompeten di  bidangnya.

Bahkan, RSUI menyediakan layanan diagnostik sampai operasi terbuka maupun minimal invasif (minim atau tanpa sayatan) dengan alat endoskopi maupun laparoskopi.

Rumah sakit berkonsep hijau (Green Hospital Concept) ini menawarkan beragam jenis layanan kesehatan, dimulai dari poliklinik untuk umum, dokter-dokter spesialis dan subspesialis.

BACA JUGA:Berapa Biaya Kuliah Kebidanan Dari Awal Hingga Selesai di Kampus Terbaik QS WUR 2024? Simak Nih!

RSUI juga dilengkapi fasilitas medis di berbagai klinik khusus seperti Klinik Nyeri dan Klinik Perawatan Luka dan Stoma.

2. Rumah Sakit Universitas Gadjah Mada (RS UGM)

RS UGM telah diresmikan sebagai rumah sakit tipe B sejak tanggal 11 Agustus 2014, dan menyediakan beragam layanan yang lengkap.

Penyediaan layanan kesehatan ini didukung oleh berbagai fasilitas unggulan yang menggunakan teknologi modern.

BACA JUGA:Cocok untuk Pecinta Laut! Inilah 4 Jurusan Kuliah Kelautan, Ada di Kampus QS WUR 2024!

Sebagai contoh, terdiri dari fasilitas USG 4D, CT Scan 128 slice, EEG 40 channel dengan Pemetaan Otak, dan juga ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy).

3. Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS UNAIR)

Diresmikan pada bulan Juni 2011, Rumah Sakit Universitas Airlangga (RS UNAIR) memprioritaskan keselamatan para pasien dan dengan penuh perhatian memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Beragam jenis pelayanan RS UNAIR mencakup poliklinik dalam pasien rawat jalan, bidang kedokteran fisik dan rehabilitasi, pemeriksaan kesehatan menyeluruh, dan layanan unggulan lainnya, termasuk Airlangga Aesthetic Center (AAC).

BACA JUGA:3 PTN TOP QS WUR 2024 yang Memiliki Prodi Kedokteran Forensik, Tertarik untuk Masuk?

Sejak tahun 2014, RS UNAIR juga menerima pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan.

4. Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB)

Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) memiliki semboyan yang melambangkan pengelolaan risiko, keselamatan, kualitas tanpa batas, dan menjadi yang terbaik.

RSUB juga memiliki semboyan "SIAP" yang menerapkan siaga, inovasi, aman, dan profesionalisme dalam memberikan layanan kesehatan.

BACA JUGA:7 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Teknik Biomedik Terbaik di Indonesia, Segini Kisaran Biaya Kuliahnya!

Terletak di kota Malang, Jawa Timur, RSUB menawarkan beragam layanan kesehatan dengan fasilitas yang memadai.

Fasilitas tersebut meliputi perawatan di rumah sakit dengan total sekitar 63 tempat tidur yang tersedia dalam beberapa pilihan kelas, mulai dari kelas 3, 2, 1, hingga VIP.

5. Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS)

Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS UNS) juga merupakan fasilitas medis yang menawarkan tipe layanan A, B, dan C dengan 200 kamar yang dirancang untuk menampung pasien rawat inap.

BACA JUGA:5 Jurusan Kuliah Diincar Dunia Kerja, Ada di Kampus QS WUR 2024 Lho! Minat?

RS UNS juga menawarkan sekitar 10 poliklinik dan berbagai fasilitas pendukung lainnya yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Salah satu pelayanan utama yang diunggulkan adalah vaksinasi meningitis yang dapat dijadwalkan secara online.

6. Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang

Terletak di kota Malang, Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang (UMM Hospital) mulai beroperasi secara resmi sejak tanggal 17 Agustus 2013.

BACA JUGA:5 Kampus Idaman Perusahaan, Begitu Lulus Langsung Kerja, Deretan PTN QS WUR 2024

Rumah sakit ini tidak hanya berfungsi sebagai dukungan untuk kegiatan pendidikan, tetapi juga sebagai pusat keuntungan yang dimiliki oleh Universitas Muhammadiyah Malang.

Dibangun di atas lahan seluas 9 hektar, fasilitas medis ini memberikan pelayanan bagi pasien yang membutuhkan perawatan rawat jalan, perawatan rawat inap, hingga layanan khusus untuk COVID-19.

Bahkan ada juga layanan telekonsultasi (konsultasi secara online) dan fasilitas vaccine center dengan ragam jenis vaksin, misalnya meningitis dan COVID-19.

7. Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara (RS USU)

BACA JUGA:3 Jurusan Termurah Miliki Peluang Kerja yang Luas, Tersedia di Kampus TOP QS WUR 2024, Minat?

RS USU telah berhasil memenuhi Standar Akreditasi Rumah Sakit dan telah dinyatakan lulus dengan tingkat akreditasi Paripurna oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Sebagai rumah sakit tipe C, RS USU juga menyediakan berbagai layanan kesehatan yang komprehensif.

Layanan-layanan tersebut meliputi perawatan pasien rawat jalan yang mencakup 28 klinik spesialis atau sub-spesialis, perawatan pasien rawat inap, layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) yang beroperasi selama 24 jam.

Semua layanan tersebut menyediakan perawatan intensif seperti ICU, ICCU, PICU, NICU, serta layanan hemodialisis.

BACA JUGA:10 Jurusan Buat Mahasiswa Cerdas, Masa Depan Cemerlang dan Hanya 1 di Kampus Terbaik QS WUR 2024, Apa Saja?

8. Rumah Sakit Universitas Udayana (RS Unud)

Memulai aktivitasnya pada tahun 2013, RS Unud menyediakan layanan kesehatan untuk masyarakat umum, terutama yang tinggal di wilayah Bali dan sekitarnya.

Namun, pada tanggal 29 September 2019, RS Unud secara resmi diubah menjadi rumah sakit tipe C yang menawarkan empat bidang layanan besar dan istimewa.

Layanan tersebut meliputi bidang kebidanan dan kandungan (Obgyn), pelayanan kesehatan anak, bedah, serta penyakit dalam (internal).

BACA JUGA:4 Kampus Swasta Miliki Biaya Termurah di Indonesia, 1 Semester hanya Rp900 Ribu Aja, Ada PTS QS WUR 2024?

9. Rumah Sakit Universitas Andalas (RS Unand)

Sesuai dengan namanya, Rumah Sakit Universitas Andalas (RS Unand) dioperasikan dan dikelola oleh Universitas Andalas.

Berada di daerah Padang, rumah sakit ini menonjolkan pelayanan unggulan dalam penanganan penyakit ganas serta masalah pencernaan.

RS Unand menyediakan kapasitas sekitar 200 tempat tidur dan fasilitas yang meliputi ruang operasi, Unit Gawat Darurat (UGD), ambulans, Unit Perawatan Intensif (ICU), layanan radiologi, apotek, laboratorium, dan fasilitas radioterapi yang sangat modern.

BACA JUGA:10 Kampus TOP QS WUR 2024 dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik di Indonesia, Kampus Swasta Ada Gak?

10. Rumah Sakit Universitas Riau (RSUR)

Sebagai fasilitas medis yang terhubung dengan pendidikan, RSUR telah berkomitmen menjadi sebuah institusi kesehatan yang berfokus pada pelayanan serta berperan sebagai pusat penelitian akademik.

Dalam upaya menjalankan komitmen tersebut, RSUR menyajikan berbagai layanan kesehatan yang diberikan oleh tim medis yang ahli dan berpengalaman.

Layanan-layanan itu mencakup beragam bidang seperti perawatan kesehatan anak, pengobatan penyakit dalam, perawatan gigi, kebidanan dan kandungan, masalah saraf, gangguan jantung, gangguan pernapasan, perawatan kulit, dan lain-lain.

BACA JUGA:5 Jurusan di Kampus QS WUR 2024 dengan Prospek Kerja Industri Kreatif Menjanjikan, Tertarik Gak?

11. RS Gigi dan Mulut FKG Universitas Prof. dr. Moestopo (Beragama)

RSGM FKG UPDM (B), merupakan sebuah fasilitas medis pendidikan yang dikelola oleh Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo.

Diresmikan pada tanggal 2 September 2004, rumah sakit ini menyediakan layanan kesehatan khusus dalam bidang gigi dan mulut.

Layanan ini mencakup berbagai jenis dokter gigi, mulai dari umum hingga spesialis, seperti ortodontik, prostodontik, dan kedokteran gigi anak.

BACA JUGA:12 Perguruan Tinggi dengan Jurusan Sastra Arab Terbaik di Indonesia, Ada UIN dan Kampus TOP QS WUR 2024

Demikianlah beberapa kampus di Indonesia yang memiliki fasilitas rumah sakit.

Dengan adanya rumah sakit tersebut, tentu akan bermanfaat bagi pihak kampus, mahasiswa, maupun masyaraat di sekitarnya. Lalu, apakah kamu berminat menempuh kuliah di salah satu kampus di atas?*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: