Honda

Karhutla di Samping Jalan Tol Palindra, Petugas Temukan BB Ini

Karhutla di Samping Jalan Tol Palindra, Petugas Temukan BB Ini

Kepulan asap pekat muncul dari titik kebakaran lahan di samping Jalan Tol Palembang-Indralaya, tepatnya di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan Barat.-Wijdan-palpres.com

INDRALAYA, PALPRES.COM - Kebakaran lahan kembali terjadi disamping Jalan Tol Palembang-Indralaya, tepatnya di Desa Arisan Jaya, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir.

Karhutla (kebakaran hutan dan lahan) yang terjadi sejak Minggu 27 Agustus 2023 sore hingga malam harinya itu, melahap lebih kurang 7 hektar lahan tidur.

Ironisnya, petugas Satgas Pemadam Karhutla dilapangan menemukan barang bukti (BB) jeriken kecil yang berisikan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan serbuk kayu.

Dengan penemuan ini, diduga kuat lahan terbakar tersebut dibakar oleh orang yang diduga ingin membuka lahannya tersebut.

BACA JUGA:ALHAMDULILLAH! Ada BLT Rp1.500.000 Cair Awal September Ini, Begini Cara Pengajuannya

"Kebakaran semalam itu lebih kurang 7 hektar, dan berhasil kita padamkan 4 hektar," ungkap Kalaksa BPBD Kabupaten Ogan Ilir, Edi Rahmat, Senin 28 Agustus 2023.

Edi membenarkan, anggota Satgas dilapangan menemukan BBM diduga pretalite dan serbuk kayu. 

"Ini baru dugaan dan sudah diserahkan ke Polres BB-nya," tukasnya.

Ditambahkannya, hingga saat ini kebakaran lahan di Ogan Ilir sudah lebih kurang 150 hektar. 

BACA JUGA:Mau Saldo DANA Gratis Rp65.000 Tiap Hari? Mainkan Game Ini, Langsung Cair Dalam Semenit!

"Terakhir waktu ada Pak Kapolda sudah 131 hektar, ditambah beberapa hari kedepannya, perkiraan sudah lebih kurang 150 hektar," tambahnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kapolda Sumatera Selatan, Irjen A Rachmad Wibowo mengaku sudah ada beberapa orang yang saat ini diproses karena diduga sengaja melakukan pembakaran lahan.

"Ini ada Wadirkrimsus juga, sudah saya sampaikan ada beberapa yang diproses, datanya bisa minta pada Wadirkrimsus. 

Tetapi tujuan kita yang utama adalah mencegah, jangan membuat api kepada masyarakat itu yang paling penting," ungkap Kapolda di Indralaya saat meninjau Kebakaran lahan di Desa Palemraya Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Jumat 18 Agustus 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: palpres.com