Honda

FIFGROUP Tanam Bibit Mangrove, Dukung Program Keberlanjutan di Bali

FIFGROUP Tanam Bibit Mangrove, Dukung Program Keberlanjutan di Bali

Foto bersama Manajemen FIFGROUP bersama tamu undangan setelah simbolis penyerahan batang pohon mangrove jenis Rhizopora Sp pada acara Aksi Penanaman Mangrove FIFGROUP di Kawasan Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Benoa, Denpasar, Bali, Senin (28/8/2023). (dari-FIFGROUP-doc

DENPASAR, PALPRES.COM - FIFGROUP Tanam Bibit Mangrove, Dukung Program Keberlanjutan di Bali.

Pagi yang cerah dan indah menyambut kawasan Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Benoa, Denpasar, Bali pada Senin, 28 Agustus 2023. 

Peserta dari kalangan Manajemen dan Karyawan FIFGROUP serta Dinas Pemerintahan Daerah Denpasar berkumpul untuk memulai sebuah aksi penanaman ratusan bibit mangrove di pesisir pantai Benoa.

PT Federal International Finance (FIFGROUP), anak perusahaan PT Astra International Tbk dan bagian dari Astra Financial, mendedikasikan penanaman mangrove ini sebagai bentuk mitigasi dan upaya melestarikan lingkungan, dengan tujuan mendukung industri pariwisata yang berkelanjutan di pulau Bali. 

BACA JUGA:FIFGROUP Selenggarakan Kompetisi Elegansi dan Kreativitas Karya Kaligrafi di F8 Makassar

Aksi penanaman 340 bibit pohon mangrove ini merupakan kali kedua, setelah sebelumnya berhasil menanam 234 bibit di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) pada bulan Juni lalu.

Program ini juga merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT FIFGROUP yang ke-34. 

Sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR), FIFGROUP menyumbangkan Dana Sosial Syariah dengan cara menanam 34.000 pohon secara bertahap sepanjang tahun 2023. 

Hingga bulan Juli, FIFGROUP berhasil menanam 11.340 bibit pohon.

BACA JUGA:FIFGROUP Fasilitasi Akses Guru Lewat Bantuan Motor

Esther Sri Harjati, Direktur Human Capital (HC), General Support (GS), Corporate Communication, Environment Health Safety, Social Responsibility (EHSSR) & Sustainability FIFGROUP, membuka aksi penanaman mangrove dengan mengungkapkan komitmen FIFGROUP dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan meredam dampak perubahan iklim melalui penanaman pohon mangrove.

“FIFGROUP berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan lingkungan dan meredam dampak perubahan iklim. 

Melalui penanaman mangrove hari ini, kami ingin memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat, serta menciptakan lingkungan berkelanjutan untuk generasi mendatang,” kata Esther.

Meskipun Pulau Bali hanya menyumbang 0,29% dari luas Indonesia, yaitu 5.636 Km2, wilayah ini mencakup 85 pulau dengan garis pantai lebih dari 600 kilometer. 

BACA JUGA:Lewat Solar Panel, FIFGROUP Dukung Keberlanjutan di Seluruh Penjuru Negeri

Sayangnya, 40% dari panjang garis pantai tersebut mengalami abrasi. Ancaman ini berpotensi merusak sektor pariwisata dan keindahan pantai, yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Kegiatan ini adalah bagian dari dukungan FIFGROUP dalam aspek strategi keberlanjutan, yaitu Portofolio, People, dan Public Contribution. 

Melalui pilar Public Contribution Strategy, FIFGROUP menerapkan program berkelanjutan yang terbagi dalam 4 pilar CSR, yaitu FIFGROUP Sehat, FIFGROUP Pintar, FIFGROUP Sejahtera, dan FIFGROUP Lestari.

“Selain itu, penanaman mangrove FIFGROUP tahun ini juga selaras dengan dua tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu poin 13 mengenai Penanganan dan Perubahan Iklim, dan poin 14 tentang Kehidupan Bawah Air. 

BACA JUGA:Masa Depan Hijau di Tanah Papua, FIFGROUP Tegaskan Komitmennya


Suasana saat Manajemen dan Karyawan FIFGROUP bersama tamu undangan melakukan penanaman 340 batang pohon mangrove jenis Rhizopora Sp. di Kawasan Taman Hutan Raya Ngurah Rai, Benoa, Denpasar, Bali, Senin (28/8/2023) -FIFGROUP-doc

Melalui gerakan Create Action, Rescue Earth (CARE), FIFGROUP berkomitmen dalam menjaga keseimbangan lingkungan hidup yang berkelanjutan, serta mencapai tujuan Environment, Social, and Governance (ESG) yaitu Community Relations,” tambah Esther.

Ekosistem mangrove, sering disebut sebagai harta karun di pesisir pantai, memiliki peran vital dalam menjaga keseimbangan lingkungan dan memberikan manfaat besar bagi manusia dan ekosistem.

Pada jangka panjang, pohon mangrove memiliki dampak ekologis yang luar biasa. Selain meredam dampak bencana alam seperti badai dan tsunami, akar pohon mangrove membantu memperlambat gelombang air dan mengurangi erosi pantai. 

Selain itu, mangrove berperan sebagai penyerap karbon yang efisien, lebih efektif daripada hutan hujan tropis. 

BACA JUGA:Solusi Penuhi Semua Kebutuhan Hari Raya, FIFGROUP Grebeg Pasar di Surabaya

Ini membantu mengatasi perubahan iklim global dan mengurangi emisi gas rumah kaca dengan menekan jumlah karbon dioksida dalam atmosfer.

FIFGROUP Lanjutkan Komitmen Tanam Mangrove di Aceh Sebagai lanjutan dari komitmennya dalam menjaga lingkungan dan merespon perubahan iklim, FIFGROUP akan menanam 500 bibit Rhizophora Sp. di Kota Langsa, Provinsi Aceh pada 5 September 2023.

Diharapkan melalui kegiatan penanaman mangrove ini, FIFGROUP dapat berkontribusi signifikan dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan merespons perubahan iklim global. 

Penyerapan karbon dioksida dan produksi oksigen dari pohon mangrove yang ditanam diharapkan dapat berperan dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan menjaga lingkungan hidup.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: