Honda

Mengatasi Phubbing, Perilaku Anti Sosial di Era Digital

Mengatasi Phubbing, Perilaku Anti Sosial di Era Digital

Ilustrasi --Freepik

Oleh Dr. Haryo Mustoko, MM 

(Widyaiswara Madya Pusdiklat Bela Negara Badiklat Kemhan RI)

 

ISTILAH Phubbing merupakan singkatan dari phone snubbing

Istilah ini dikenalkan oleh Alex Haight mahasiswa Australia yang magang di sebuah perusahaan periklanan terkenal di Australia dan tergabung dalam jaringan agen periklanan Amerika yang biasa disebut McCann. 

Pada tahun 2012 McCann bersama Macquaire dictionary mengundang para lexicographes, penulis buku dan puisi untuk memperkenalkan kata phubbing di media dengan kampanye, Stop Phubbing. 

Alex Haight menyatakan jika phubbing merupakan salah satu dampak dari Smartphone seperti mengabaikan seseorang dalam lingkungan sosial dengan mengalihkan perhatian kepada Smartphone.

Phubbing adalah tindakan kurang peduli terhadap  lawan bicara atau lingkungan sosialnya dan hanya fokus bermain ponsel. 

Perilaku negatif ini terkadang tak disadari oleh sebagian orang, padahal fenomena ini dianggap tidak sopan dan juga dapat memperburuk relasi anda dengan orang lain. Untuk itu, perlu untuk dihindari sebelum lebih ketergantungan. 

Phubbing mungkin istilah yang asing bagi kita namun sebenarnya kerap dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. 

Phubbing adalah kata yang menggambarkan perilaku seseorang yang asyik dengan gadget ketika berhadapan dengan orang lain atau sedang berada di dalam pertemuan. 

Akibatnya, pelakunya mengabaikan orang lain di depannya sehingga dikategorikan sebagai sikap anti sosial

Perilaku Phubbing menurut Karadag adalah perilaku individu yang melihat telepon genggam ketika bicara dengan orang lain dan berurusan dengan telepon genggam sehingga mengabaikan komunikasi interpersonal. 

Phubbing merupakan suatu konsep yang membuat seseorang tidak menghormati orang lain, tidak membina maupun mengembangkan suatu hubungan, tidak berkomunikasi dengan orang lain karena lebih mementingkan telepon genggam dan lingkungan virtualnya dari pada orang-orang dikehidupan nyata. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: