Honda

Siap-Siap! Minggu Ini BLT Rp1,2 Juta Cair di Daerah-daerah Berikut

Siap-Siap! Minggu Ini BLT Rp1,2 Juta Cair di Daerah-daerah Berikut

Ilustrasi -Dok Palpres-palpres.com

JAKARTA, PALPRES.COM - Pemerintah Indonesia bersiap untuk kembali menyalurkan bantuan sosial (bansos) reguler dalam waktu dekat melalui program nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI). 

Ini merupakan upaya terbaru dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak oleh berbagai kendala ekonomi, terutama selama masa pandemi.

Pada akhir Agustus tahun ini, bansos reguler telah berhasil disalurkan melalui lembaga bayar Himbara (Himpunan Bank Rakyat), yang terdiri dari Bank BRI, BNI, BSI, dan Mandiri. 

Meskipun penyaluran tersebut belum mencapai 100 persen, pemerintah berencana untuk segera mencairkan bantuan ini kembali dalam minggu depan melalui PT.Pos Indonesia sebagai lembaga penyalur.

BACA JUGA:BERKAH SEPTEMBER! BLT Rp1.200.000 Cair Minggu Ini di 83 Daerah, Cek Daftar Penerima Disini

Penyaluran bansos reguler, seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Sembako, dilakukan dengan pendekatan akses wilayah yang memungkinkan bantuan tersebut masuk ke rekening penerima dengan jarak yang berbeda-beda. 

Hal ini disebabkan oleh perlunya pencocokan data antara Kemensos, bank, dan kantor pos sebelum penyaluran dilakukan.

Berdasarkan mekanisme ini, penyaluran bansos dilakukan per dua bulan sejak bulan Juli untuk daerah yang mudah dijangkau, yang mencakup 431 kabupaten atau kota. 

Sementara itu, 83 daerah yang sulit diakses (3T) menerima penyaluran per tiga bulan, dengan total dana sebesar Rp1.200.000 bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang penyalurannya melalui kantor Pos, mulai dari Juli hingga Desember.

BACA JUGA:BURUAN SERBU! Katalog JSM Alfamart Kujungin Gerai Terdekat SWEETY Silver Pants Rp54.900

Dana yang diterima oleh penerima bansos, akan tersedia dalam bentuk non tunai dan tunai, mirip dengan Bantuan Langsung Tunai (BLT). 

Prosedur pengambilan BLT BPNT Sembako tetap sama, di mana KPM datang ke kantor pos sesuai dengan surat undangan yang telah diberikan sebelumnya. 

Setelah tiba di kantor pos, mereka cukup menunjukkan surat undangan dan data diri seperti Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebelum difoto, dan dana diberikan sesuai dengan keterangan yang telah diberikan.

Bagi warga yang ingin memeriksa apakah mereka masuk dalam daftar penerima bansos atau tidak, dapat melakukan pengecekan melalui laman www.cekbansos.go.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: