Honda

Sebaiknya Anda Tahu, Ini Sejarah Tari Sajojo dari Papua

Sebaiknya Anda Tahu, Ini Sejarah Tari Sajojo dari Papua

Sejarah tari Sajojo dari Papua--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Tarian tradisional yang berasal dari tanah Papua, tari Sajojo adalah salah satu bentuk keragaman Indonesia, tarian ini berasal dari Papua dan masih eksis hingga sekarang. 

Pada umumnya tari Sajojo kerap ditampilkan di berbagai acara adat, nah kali ini kami akan mengajak kalian mengenal sejarah tari Sajojo asal Papua. 

Meski tarian ini terkenal di seluruh Indonesia, tapi asal usul gerakan pada tarian ini belum dapat diketahui pasti, dilansir dari media online tari ini diperkirakan sudah ada sekitar 1990-an. 

Tari Sajojo juga terkenal di luar Papua karena gerakannya yang energik, nama tarian ini juga diambil dari judul lagu yang mengiringinya yaitu Sajojo.

BACA JUGA:2 Keuntungan Memelihara Kucing Kampung di Rumah, koloni Tikus Langsung Kabur  

Untuk diketahui Sajojo merupakan lagu dari daerah Papua, lagu ini menceritakan seorang gadis yang di idolakan dan dicintai di kampung halamannya, tapi lirik lagu Sajojo tidak menggambarkan tari Sajojo. 

Tarian ini identik dengan kostum yang dikenakan oleh penarinya, seperti penutup kepala melingkar yang terbuat dari kayu halus, rok yang dipakai dari pinggang hingga lutut dan terbuat dari daun sagu kering, kemudian aksesori dari batu kerang, tulang gigi binatang atau kayu. 

Seperti yang telah disampaikan Sebelumnya tarian ini diiringi dengan lagu Sajojo, di mana tari Sajojo bisa ditarikan tanpa alat musik pengiring maupun dengan alat musik pengiring alat musik yang biasa digunakan adalah Tifa gitar keyboard maupun nyanyian dari seorang penyanyi. (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: