Honda

Bukit Siguntang Palembang: Jejak Sejarah Kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Masa Lampau

Bukit Siguntang Palembang: Jejak Sejarah Kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Masa Lampau

Kuburan keturunan Tokoh Kerajaan Sriwijaya di Bukit Siguntang--

PALEMBANG, PALPRES.COM- Bukit Siguntang terletak di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang dianggap sebagai tempat suci dan penuh dengan nilai sejarah sejak abad ke 14-17.

Di lokasi ini terdapat sejumlah makan para tokoh keturunan Kerajaan Sriwijaya, jadi tidak heran jika kawasan Bukit Siguntang menjadi salah satu destinasi wisata sejarah Kerajaan Sriwijaya yang pernah menjadi pusat kegiatan agama Bundha di nusantara.

Dilansir dari platform media online, Bukit Siguntang berada pada ketinggian sekitar 27 meter di atas permukaan laut, dengan luas 128 hektar yang beralamat di Jalan Srijaya Negara kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang.

Pada masa kolonial Belanda, Bukit Siguntang dianggap sebagai tempat paling indah di Kota Palembang, di lokasi itu terdapat makan keturunan kerajaan Sriwijaya, antara lain, Segentar Alam, Putri Kembang Dadar, Puteri Kembang Selako, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus karang, Panglima Tuan Junjungan, Pangeran Raja Batu Api dan Panglima Jago Lawang.

BACA JUGA:Bansos BPNT Tahap 5 Cair, BLT Rp400.000 Sudah Ditransfer, Buruan Cek Penerima!  

Selain menjadi tempat pemakaman bagi para keturunan Kerajaan Sriwijaya, Bukit Siguntang juga sejak abad ke-7 telah menjadi tempat ibadah penganut Buddha, hal itu dibuktikan dengan tinggi mencapai 2,77 meter yang terbuat dari batu granit.

Selain itu, di lokasi Bukit Siguntang ditemukan benda bersejarah lainnya seperti pecahan-pecahan tembikar dan keramik yang diduga peninggalan Dinasti Tang.

Dengan adanya penemuan keramik dan tembikar di kawasan Bukit Siguntang membuktikan bahwa, selain digunakan sebagai pusat kegiatan agama Buddha yang dilakukan oleh para Biksu dan Sanggha, juga diyakini sebagai tempat pemukiman masyarakat pada saat itu.

Oleh sebab itu untuk kepentingan pelestarian benda-benda bernilai sejarah, penemuan tersebut kemudian disimpang di Museum Balaputra Dewa dan sebagian lainnya di Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya.

BACA JUGA:3 Jenis Motor Bebek Paling Murah dan Paling Irit Tahun 2023, sangat Cocok untuk Mudik Lebaran 

Adapun Fungsi situs sebagai tempat ziarah berlangsung hingga saat ini yang menjadi budaya masyarakat Palembang modern, Bukit Siguntang juga sebagai situs yang dikaitkan dengan kelahiran raja-raja yang berkuasa di Malaysia, Brunie Darussalam, Patani (Thailand Selatan). (frs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: