Honda

WOW! 10 Vespa Klasik Ini Diburu Kolektor, Langka dan Bernilai Tinggi

WOW! 10 Vespa Klasik Ini Diburu Kolektor, Langka dan Bernilai Tinggi

Vespa 125 Circuito (1949)-vespa.com-

PALEMBANG, PALPRE.COM - Dalam dunia otomotif yang terus berubah dan berkembang, ada sesuatu yang khusus tentang keindahan sepeda motor Vespa klasik. 

Vespa, merek ikonik asal Italia, telah membawa pesona tersendiri sejak pertama kali memasuki panggung pada tahun 1943. 

Dari saat itu hingga sekarang, Vespa telah menjadi simbol keanggunan, gaya, dan mobilitas yang tak terkalahkan.

Sementara produsen Piaggio terus memperbarui model Vespa mereka dengan teknologi terbaru.

BACA JUGA:Bisa Buat Ngantar Istri Kepasar, 3 Jenis City Car Paling Rekomendasi Seharga 50 Jutaan Diatas 2010

BACA JUGA:ASYIK! Cair Lagi 3 Bansos Mulai Hari Ini hingga 30 September, KPM Ambil di Sini

Tidak dapat dipungkiri bahwa pesona Vespa klasik tetap melekat di hati banyak pecinta sepeda motor di seluruh dunia. 

Beberapa model Vespa klasik bahkan menjadi langka dan dicari oleh para kolektor. 

Kami akan membawa Anda dalam perjalanan melalui sejarah, dengan merinci 10 Vespa klasik langka yang paling banyak dicari oleh para penggemar vespa antik.

Berikut Vespa antik tersebut:

BACA JUGA:KPM dengan Ciri Ini Terima 2 Bansos Bonus, Cair Akhir Bulan Ini

BACA JUGA:Alhamdulillah, Penerima BLT BPNT Sembako Dapat Dana Tambahan Cair Rp750.000

1. Vespa MP5 Paperino (1943)

Vespa jenis MP5 Paperino diproduksi pada tahun 1943 dan menjadi salah satu Vespa tertua yang ada. 

Ini adalah salah satu model Vespa yang sangat dicari oleh para kolektor skuter antik. 

Namun, yang menarik adalah bahwa pihak Piaggio, perusahaan yang memproduksi Vespa, awalnya kurang menyukai bentuk dari jenis MP5 Paperino ini. 

BACA JUGA:Mahar Hanya Rp80 Jutaan, Mobil Keluarga Populer Ini Siap Luncur

BACA JUGA:Ada Modal Usaha Rp5.000.000 Bagi 10 Juta Lebih Penerima, Ini Cara Dapatnya!

Meskipun demikian, keunikan dan usia Vespa ini menjadikannya incaran utama para pecinta Vespa klasik.

2. Vespa MP 6 Prototype (1945)

Diproduksi pada tahun 1946, Vespa jenis MP 6 Prototype ini menjadi jenis Vespa yang dianggap sebagai cikal bakal dari semua Vespa yang kita kenal saat ini. 

Vespa MP 6 Prototype ini diperkenalkan pertama kali pada bulan April 1946 di sebuah perkumpulan pemain Golf di Roma. 

BACA JUGA:Penerima Bansos PKH dan BPNT Dapat Rezeki Lagi, Bantuan Sembako Beras 30 kilogram Sudah Cair, Cek di Link Ini

BACA JUGA:CATAT Tanggalnya, Ada Pencairan Bansos BPNT Tahap 5 via Bank Himbara, Besarnya Rp400.000

Sejak saat itu, skuter ini menjadi lambang mobilitas dan keanggunan di seluruh dunia.

3. Vespa 125 Circuito (1949)

Pada tahun 1949, Vespa memutuskan untuk menghentikan produksi Vespa 98 dan memperkenalkan Vespa 125. 

Perubahan besar dilakukan pada lengan suspensi depan, dan penutup mesinnya ditinggikan untuk memudahkan akses. 

BACA JUGA:5 Toko Kue yang Wajib Kamu Cobai di Palembang, Ada Kafe Lho Di Dalamnya, Tertarik?

BACA JUGA:Alhamdulillah, Ada Bantuan Rp20.000.000 dari Kemensos untuk Warga Berciri Ini, Begini Cara Dapatnya!

Vespa 125 Circuito diciptakan dengan tujuan mengedepankan sektor otomotif yang lebih gesit dan bertenaga. 

Ini adalah langkah besar dalam evolusi Vespa.

4. Vespa Monthlery (1950)

Untuk meningkatkan citra sporty Vespa, Piaggio membentuk tim ahli yang fokus pada pencapaian rekor dalam penelitian yang sudah pernah dicapai sebelum perang dunia. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Ini 5 Manfaat Makan Makanan Pedas Bagi Kesehatan, Bisa Untuk Menurunkan Berat Badan?

BACA JUGA:Panduan Praktis Berkendara Lancar di Gang Sempit dari Astra Motor Sumsel

Hasilnya adalah Vespa Monthlery, yang diperkenalkan pada tanggal 7 April 1950 di sirkuit Montlhery, Perancis. 

Vespa jenis Monthlery ini memiliki desain yang lebih ramping dan lebih cepat, menciptakan sensasi baru bagi para penggemar Vespa.

5. Vespa Siluro: The Torpedo (1951)

Jika Vespa masa kini mungkin bukanlah kendaraan untuk balap cepat, Siluro (yang dalam bahasa Italia berarti torpedo) memecahkan semua ekspektasi sebagai scooter tercepat di masanya. 

BACA JUGA:Hidden Gem di Sumatera Selatan, Pantai Pasir Putih yang Mawarkan Pemandangan Menakjubkan, ini Lokasinya

BACA JUGA:Jarang Main di Jepang Lalu Mau Pindah ke Korea, Pratama Arhan Hanya Jadi Alat Marketing Suwon FC?

Kecepatan luar biasa 171,02 km/jam dan kemampuan mencapai jarak 1 km hanya dalam waktu 21,4 detik, membuat Vespa Siluro menjadi sesuatu yang luar biasa pada zamannya.

6. Vespa 125 U (1953)

Vespa 125 U adalah salah satu jenis Vespa yang paling dicari oleh banyak kolektor karena kelangkaannya. 

Hanya sekitar 7 ribu unit Vespa ini yang diproduksi, menjadikannya barang langka. 

BACA JUGA:Bikin Penasaran! Toyota Rilis MPV Termurah, Spesifikasinya Sejajar Kijang Innova

BACA JUGA:Suka Lapar Tengah Malam? Ini 7 Rekomendasi Tempat Makan yang Buka 24 Jam di Palembang

"U" dalam namanya adalah singkatan dari "Utilitaria," yang berarti serbaguna. 

Model Vespa ini dibuat dengan tujuan untuk menyaingi kompetitor utamanya, Lambretta. 

Selain itu, Vespa ini adalah model pertama yang memiliki lampu di area setang, menambah daya tariknya.

7. Vespa 150 (1956)

BACA JUGA:Bonus Tambahan Cair untuk KPM PKH dan BPNT Oktober Nanti, Ini Jadwal Penyalurannya!

BACA JUGA:Bansos BPNT Rp600.000 Sudah Cair di Kantor Pos, Gunakan KTP untuk Cek Nama Anda

Pada awal tahun 1950-an, pihak badan pertahanan Perancis meminta kendaraan yang akan digunakan untuk keperluan militer kepada lisensi Piaggio di Perancis. 

Hasilnya adalah Vespa jenis 150, sebuah Vespa khusus yang hanya diproduksi sekitar 600 unit. 

Vespa ini digunakan oleh Legiun Asing dan Korps, dan bahkan dapat turun dengan parasut. 

Ini adalah salah satu contoh langka dari kreativitas Vespa dalam merespons permintaan pasar yang beragam.

BACA JUGA:Pendapatan mencapai Rp820.659 Triliun! Inilah 7 Perusahaan Paling Sukses di Indonesia, Penasaran?

BACA JUGA:Sananta Bisa Apa? Komentator Ini Bilang Begini

8. Vespa 400 (1957)

Saat Vespa mencapai puncak popularitasnya, Piaggio memutuskan untuk memasuki dunia kendaraan empat roda. 

Corradino D’Ascanio, salah satu insinyur pendiri Vespa yang selalu ingin merancang mobil, akhirnya memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpinya. 

Vespa 400 adalah mobil dengan mesin dua tak di bagian belakang, dan ini merupakan langkah besar dalam perluasan portofolio Vespa.

BACA JUGA:Inilah 10 Tradisi Unik dalam Memperingati Maulid Nabi SAW di Berbagai Daerah Indonesia, Apa saja?

BACA JUGA:Punya Gaji Rp3 Juta Bisa Ajukan Pinjaman di BPJS Ketenagakerjaan Rp25 Juta, Daftar Online di Aplikasi JMO

9. Vespa 125 (VNA2) (1958)

Jenis Vespa ini diproduksi dalam dua jenis warna, yaitu abu-abu dan krem. 

Ini adalah jenis Vespa pertama yang dibuat dengan hasil rangkaian dari dua lembar lempengan logam. 

Rangkaian seperti ini memberikan keuntungan produksi yang signifikan. 

BACA JUGA:3 Tempat Makan Model Gandum Paling Nikmat yang Ada di Kota Palembang, Cita Rasa Kuahnya Sedep!

BACA JUGA:431 Daerah Siap-siap! Oktober Ini BLT BPNT Tahap 5 Rp400.000 Cair Duluan ke Rekening

Mulai tahun 1958, rangkaian tersebut mulai diterapkan pada semua model Vespa. 

Dengan desain yang baru, Vespa 125 (VNA2) juga mengintegrasikan mesin compact baru.

10. Vespa 150 GS VS5 (1959)

Vespa Legendaris terakhir yang sering dicari oleh para kolektor adalah Vespa 150 GS VS5 Sport. 

BACA JUGA:Jika Deal, Andalan Timnas Ini Jadi Pemain Asia Tenggara Pertama di K-League 1

BACA JUGA:Proyek Naturalisasi Kini Sasar Bek Sassuolo, Lini Belakang Timnas Indonesia Penuh Sesak, STY Maunya Apa?

Vespa ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1955 melalui model VS1. 

Model ini kemudian diadaptasi menjadi versi VS5, yang dilengkapi dengan kipas speedometer khusus, lampu belakang. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: