Honda

Pilih Toilet Duduk atau Jongkok, Toilet Duduk Memang Lebih Nyaman, Tapi Bisa Menyebabkan Resiko Ambeien?

Pilih Toilet Duduk atau Jongkok, Toilet Duduk Memang Lebih Nyaman, Tapi Bisa Menyebabkan Resiko Ambeien?

Toilet duduk memang bikin kita nyaman, tapi ternyata bisa menyebabkan resiko sembelit bahkan wasir atau Ambeien-Palpres.com -palpres.com

PALEMBANG, PALPRES.COM – Toilet duduk memang bikin kita nyaman, tapi ternyata bisa menyebabkan resiko sembelit bahkan wasir atau Ambeien, waduh serem banget.

Kamu harus tahu, penyakit bisa saja timbul karena toilet duduk bikin kita menghabiskan lebih banyak waktu dan tenaga lebih besar dari pada toilet jongkok.

Bahkan ada penelitiannya juga loh yang membuktikan kalau waktu rata-rata BAB dalam posisi duduk lebih lama dari pada BAB jongkok.

Nah, BAB dengan toilet duduk juga bisa bikin usus dan anus tidak dalam posisi tegak, sehingga menyebabkan gesekan dan tekanan pada Vena di daerah rectum.

BACA JUGA:Begini Penampakan Toilet di 5 kampus Terbaik Indonesia Versi QS WUR 2024, Ada yang Mirip Hotel Bintang 5

Makanya proses BAB nya semakin lama dengan posisi duduk, berarti makin besar juga resiko terkena wasir.

Tapi sebaliknya nih, ternyata walaupun sekarang udah jarang dipakai secara kesehatan toilet jongkok justru lebih efektif untuk melancarkan BAB karena posisi jongkok ini berkaitan dengan kinerja otot pada anus dan usus besar.

Toilet jongkok dan toilet duduk memiliki perbedaan dalam hal postur duduk dan konstruksi, dan ini dapat memengaruhi kesehatan Anda dalam beberapa aspek. Berikut adalah perbedaan antara keduanya:

1. Postur Duduk

  • Toilet Jongkok, saat kamu menggunakan toilet jongkok, postur tubuh lebih mirip dengan posisi jongkok atau membungkuk. Kaki Anda berada di atas dudukan toilet, dan tubuh Anda cenderung membungkuk ke depan.

BACA JUGA:Kamu Alami Gejala Wasir? Ternyata Bisa Diobati dengan Tanaman Hias Ini

  • Toilet Duduk, kamu bisa duduk dengan nyaman di atas dudukan yang tinggi, karena postur duduk ini lebih nyaman bagi sebagian orang.

2. Pengaruh Pada Sistem Pencernaan

  • Toilet Jongkok, beberapa penelitian menunjukkan bahwa toilet jongkok dapat membantu mengatasi masalah sembelit dan buang air besar yang lebih efisien, postur ini dapat membantu mengurangi tekanan pada kolon dan memungkinkan evakuasi usus yang lebih lancar.
  • Toilet Duduk adalah pilihan yang lebih umum di banyak negara, dan banyak orang merasa nyaman dengan postur ini, namun, bagi beberapa individu, postur duduk mungkin tidak memfasilitasi buang air besar yang efisien.

3. Pengaruh pada Otot dan Sendi

  • Toilet Jongkok: Menggunakan toilet jongkok dapat melibatkan lebih banyak otot paha, kaki, dan panggul. Ini dapat membantu mempertahankan kekuatan otot dan fleksibilitas sendi.

BACA JUGA:6 Manfaat Bunga Mawar Bagi Kesehatan Tubuh, Ternyata Bisa Meredakan Stres dan Mengobati Ambeien

  • Toilet Duduk: Postur duduk pada toilet duduk tidak memerlukan aktivitas otot yang sama dan mungkin tidak memberikan manfaat serupa dalam hal kekuatan otot dan fleksibilitas sendi.

4. Kenyamanan dan Preferensi Pribadi

  • Toilet Jongkok, mungkin sebagian orang merasa tidak nyaman atau sulit beradaptasi dengan postur jongkok, tergantung pada kebiasaan budaya dan pengalaman individu.
  • Toilet Duduk, lebih umum dan diterima secara luas di banyak negara, dan banyak orang merasa lebih nyaman dengan postur ini.

Penting untuk diingat bahwa preferensi dan kenyamanan seseorang dapat bervariasi, dan tidak ada satu toilet yang sesuai untuk semua orang.

BACA JUGA:Penderita Maag Wajib Tahu! Ini 8 Tanaman Herbal untuk Atasi Asam Lambung, Mudah Ditemui di Sekitaran Rumah!

Penggunaan toilet yang paling sesuai tergantung pada preferensi pribadi dan kondisi kesehatan individu mau pilih toilet duduk atau toilet jongkok. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: