Honda

BUJANGAN WAJIB BACA! Tips Mencari Istri Idaman Sesuai Petunjuk Rasulullah SAW

BUJANGAN WAJIB BACA! Tips Mencari Istri Idaman Sesuai Petunjuk Rasulullah SAW

Tips mencari istri idaman sesuai petunjuk Rasulullah SAW--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Memilih wanita idaman yang tepat untuk pasangan seumur hidup bukan perkara mudah, perlu ketelitian dan kesabaran supaya nantinya tercipta mahligai rumah tangga yang samawa.

Memang benar jika ada pepatah yang mengatakan bahwa tidak ada manusia sempurna, karena manusia memang tempatnya lupa dan salah, akan tetapi setidaknya kita mengetahui dan miliki panduan dalam memilih calon istri yang shalihah dalam rangka menuju ridha Allah SWT.

Dalam pembahasan kali ini akan dibahas beberapa petunjuk Rasulullah terkait memilih wanita idaman untuk dijadikan pendamping hidup di dunia dan akhirat.

1. Empat hal penyebab wanita dinikahi

Berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim berbunyi: Wanita dinikahi karena empat hal: Hartanya, kemuliaan keluarganya, kecanti-kannya dan agamanya. maka pilihlah yang beragama, kamu akan beruntung. (HR. Bukhari dan Muslim).

Dari beberapa hadist diatas, maka dapat kita kumpulkan semua petunjuk sabda mulia di atas dalam rangka mencari wanita idaman, yang  akan membawa ketenangan, kasih dan sayang:

Bertanggung jawab dan mampu mengatur rumah dan anak, menyenangkan jika dipandang, taat suami, Menjaga dirinya dan harta suami, saat suami tidak ada, tidak melakukan hal yang tidak disukai suami walau pada harta sang istri sendiri, melaksanakan shalat lima waktu dan menjalankan puasa Ramadhan.

Selanjutnya menjaga kemaluan, mampu membuat suami ridho, hingga wafat, karena hartanya kekayaannya, karena kemuliaan keluarga besarnya, arena kecantikannya dan karena agamanya. 

2. Menyenangkan jika Dipandang

Hadist yang diriwayatkan oleh Ahmad, Nasai dan Al Hakim: Sebaik-baik wanita adalah yang menyenangkannya saat dia melihat, menaatinya saat ia memerintah dan tidak menyelisihinya dengan hal yang dibencinya pada dir-inya dan hartanya. (HR. Ahmad, An Nasai dan Al Hakim, dihasankan oleh Al Albani).

3. Izin suami jika keluar rumah

Hadist yang diriwayatkan oleh Tirmidzi dan Ibnu Majah: Siapa saja wanita (istri) yang meninggal dan suaminya ridha kepadanya, dia akan masuk surga.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah, Tirmidzi berkata: Hadits Hasan)

4. Taat perintah suami

Hadist yang diriwayatkan oleh HR Ath Thayalisy: Sebaik-baik wanita (istri) adalah jika kamu memandangnya, dia menyenangkanmu, jika kamu memerintahnya, dia menaatimu, dan jika kamu sedang tidak ada, dia menjagamu pada dirinya dan har-tamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: