Honda

4 Golongan Manusia Tidak Tersentuh Api Neraka, Anda Termasuk yang Mana?

4 Golongan Manusia Tidak Tersentuh Api Neraka, Anda Termasuk yang Mana?

4 golongan manusia yang tidak tersentuh api neraka--

LUBUKLINGGAU, PALPRES.COM- Kaum muslimin di manapun anda berada, tahukan anda bahwa ada empat golongan manusia yang haram disentuh api neraka, siapa saja mereka mari disimak ulasannya berikut ini. 

Neraka adalah seburuk-buruknya tempat kembali, bahkan saking buruknya semua umat Islam pasti selalu berdoa setiap waktu untuk dijauhi dari siksa api neraka. 

Allah SAW berfirman dalam Quran Surah Al-furqon ayat 66 yang artinya: Sesungguhnya neraka jahanam itu buruk tempat menetap dan tempat kediaman panasnya api neraka melebihi api terpanas yang ada di dunia perbandingan panasnya api neraka adalah 70 kali panas api yang paling panas di dunia. 

Perlu diketahui bahwa api yang paling panas di dunia ini adalah api yang berwarna putih dengan suhu lebih dari 2000 derajat celcius, api tersebut masih belum sebanding dengan api neraka yang terus menerus dipanaskan hingga berwarna hitam dan punya suhu hingga 70 kali lipat lebih panas. 

Tahukah sahabat ada empat golongan manusia istimewa yang jasadnya haram untuk disentuh oleh api neraka, siapa saja golongan manusia itu?.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Thalhah bin Ubaidillah, Sang Burung Elang Perisai Rasulullah  

Menurut hadis Nabi Muhammad SAW ada empat golongan manusia yang haram untuk disentuh oleh api neraka, dari Abdillah bin Mas'ud RA berkata telah bersabda Rasulullah SAW: Maukah kamu aku tunjukkan orang yang diharamkan neraka baginya, para sahabat menjawab tentu saja wahai Rasulullah, beliau Rasulullah SAW menjawab haram tersentuh api neraka orang yang hayin, layin, qarib dan sahl.

1. Hayyin

Hayyin adalah orang yang tidak mudah memaki, tidak mudah melaknat, tidak mudah marah dan jiwanya selalu Teduh, selalu memiliki ketenangan dan keteduhan baik secara lahir maupun batin. 

Orang ini juga tidak mudah marah dan penuh pertimbangan, golongan manusia yang lain punya sifat tenang dan berwibawa mereka tidak labil atau tidak mudah tersulut emosi karena kedalaman ilmu agamanya.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Hudzaifah bin Yaman, Sang Pemegang Rahasia Rasulullah 

Selain itu sifat lain dari Hain adalah tidak berasa grosso tidak mudah menyimpulkan berita yang sampai kepada dirinya dan sulit untuk menerima berita buruk atau tidak mudah percaya fitnah manusia yang memiliki sifat seperti ini kelas jasadnya tidak akan sanggup disentuh oleh api neraka yang 

2. Layyin

Layin adalah orang yang selalu menginginkan kebaikan antar sesama umat manusia dan golongan lain punya, sifat lembut dan santun baik dalam berbuat maupun dalam bertutur kata. 

Secara otomatis manusia yang termasuk lain ini tidak kasar tidak semaunya sendiri dan segalanya tertata dengan baik, ciri khas layin tidak suka memaksakan pendapatnya kepada orang lain, selain itu golongan lain adalah orang yang lembut dan penuh kasih sayang lain itu tidak pernah berbuat kasar atau marah-marah pada saudaranya sesama muslim.

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Abdullah bin Rawahah, Penyair yang Membakar Semangat Juang Kaum Muslimin

3. Qarib 

Qarib yang dimaksud disini juga punya pengertian yang sama seperti bahasa Indonesia yaitu orang yang akrab, ramah diajak bicara dan punya pribadi yang menyenangkan bagi semua orang. 

Golongan manusia qarib  juga senantiasa menebar senyum jika bertemu dengan orang lain dan tidak lupa selalu memberi salam, dia juga menyambung tali silaturahmi dan ukhuwah sesama umat muslim.

4. Sahl

BACA JUGA:KISAH SAHABAT NABI: Abu Darda, Penyembah Berhala yang Masuk Islam dan Jadi Penghafal Al Quran 

Sahl orang yang tidak suka mempersulit sesuatu, suka menolong dan selalu punya solusi di setiap permasalahan, orang tipe ini sangat cocok untuk dijadikan teladan abdi negara yang bekerja untuk melayani masyarakat.

Golongan ini juga tidak suka berbelit-belit sehingga tidak membuat yang lain menghindar ketika bertemu dengannya perilaku Sahl selalu penuh pengabdian bisa dijadikan contoh bahwa tidak semestinya kita Acuh dengan urusan orang lain. 

Jika kita merasa kesulitan untuk mencontoh keempatnya setidaknya contohlah salah satu dari empat golongan manusia ini dan tetap istiqomah dijalan Allah SWT, semoga bermanfaat. (frs)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: